[Ask Author & Giveaway] Falling – Rina Suryakusuma

[BANNER] Falling Ask Author

Ada kabar baik bagi pembaca yang penasaran dengan genre LGBT dalam negeri. Kebetulan saya dihubungi oleh seorang penulis Metropop, Rina Suryakusuma untuk membagikan tiga buah bukunya yang berjudul Falling.

Syaratnya tentu saja mudah. Tapi, sebelumnya bisa disimak review lengkap dari Falling karya Rina Suryakusuma. Biar semakin penasaran dan mungkin tergelitik pengin mencoba sesuatu yang baru di kancah perbukuan nasional.

Karya-karya dari Rina Suryakusuma sudah jelas banyak dikenal dan disukai oleh banyak orang, tapi untuk karyanya yang satu ini. Saya pun ikut penasaran, apa sih yang menggagas seorang Rina Suryakusuma sampai ingin menuangan idenya yang unik ke dalam sebuah novel berjudul Falling? Oleh karena itu, saya pun berniat melakukan sesi tanya jawab yang pertama di Jane and Her Bookienary. Menyangkut novel Falling dan tentunya, saya ingin mengenal sosok Rina Suryakusuma lebih dekat.Berikut adalah isi wawancara saya bersama Rina Suryakusuma:

 

Salam kenal, Kak Rina. Boleh perkenalkan diri kakak, biodata singkat, tentang aktivitas dan kerjaan sehari- hari, lalu sejak kapan kakak mulai menulis?

Hai Anas, salam kenal. Kegiatan sehari-hari, selain menulis, juga bekerja di perusahaan property developer. Kalau bicara tentang kesukaan menulis, sudah sejak kecil, dimulai dari kesukaan saya membaca. Tapi sebatas coretan buku harian anak kecil :p

Kalau tentang menulis yang mulai saya coba kirimkan ke penerbit, itu sekitar tahun 2007

 

Bicara soal novel Falling, bagaimana ceritanya nih sampai Kak Rina tertarik untuk mengangkat tema LGBT? Padahal kan tema ini seringnya masih menjadi isu yang dianggap tabu di Indonesia.

Kalau bicara tentang awal mulanya,semua berasal dari tokoh Carly.  Tokoh yang tiba-tiba menyadari bahwa dia mencintai seorang yang menurutnya, dan menurut pendapat umum tidak boleh ia sukai. Lalu tokoh ini mengetuk pikiran saya, memaksa saya menuliskan kisahnya hingga tuntas. Dan saya pikir itulah yang penulis kerjakan. Mereka menuliskan tokoh yang berseliweran dalam kepala mereka. Walaupun saya mengerti bahwa topik ini masih sangat jarang diangkat, dan merupakan topik yang sensitif

 

Berapa lama proses penggarapan novel Falling? Mulai dari riset, proses menulis, hingga ada di tangan editor.

Proses penulisannya sendiri memakan waktu 6 bulan. Dimulai di bulan November 2013. Itu tidak termasuk riset awal yang saya kerjakan. Setelah selesai, Falling saya kirimkan pada editor, di bulan Mei 2014, yang kemudian menunjukkan bagian-bagian mana yang memerlukan revisi. Proses bolak balik sendiri memakan waktu cukup lama, sampai akhirnya Falling terbit di bulan Maret 2015

 

Bagaimana proses risetnya hingga bisa memunculkan karakter-karakter yang begitu kuat seperti Maggie dan Carly?

Seperti saya ceritakan di awal, Falling bermula dari tokoh Carly. Setelah itu jaring-jaring di sekitar Carly terbentuk. Seperti di perusahaan mana dia bekerja. Bagaimana asal mula dia bertemu dengan Maggie.Bagaimanakah Maggie itu, dan mengapa Carly bisa ‘jatuh’ padanya. Bagaimana sebenarnya latar belakang keluarga Carly, atau apakah ada sesuatu di masa lalu yang membuat Carly mengambil keputusan-keputusan, yang kadang bodoh dan egois, seperti yang ia lakukan sekarang.

Saya bersyukur kalau pembaca menilai karakter Carly dan Maggie adalah karakter kuat. Jika ditanya mengapa, saya pikir karena semua tokoh di buku Falling memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Saya tidak menyembunyikan sisi negatif Carly atau Maggie pada pembaca. Mungkin itu sebab kenapa mereka tampak demikian nyata. Karena memang setiap manusia memiliki sisi-sisi gelap dan hal tersebut yang membuat mereka tampak manusiawi.

 

Apa yang menjadi kesulitan kakak dalam menggarap Falling? Dan kalau dibanding dengan novel-novel sebelumnya, lebih sulit yang mana?

Tingkat kesulitan setiap novel memang berbeda.  Kalau harus membandingkan seluruh novel saya, mungkin Falling adalah novel yang tersulit.

Selain karena temanya yang memang tidak biasa, juga bagi saya yang terbiasa menggarap naskah-naskah mainstream, karena di sini saya berusaha menyelami dan menuliskan karakter yang complicated karena memiliki hantu masa lalu yang belum selesai.

 


Apa sih makna novel Falling bagi kakak? Apa yang pengin kakak sampaikan kepada pembaca melalui Falling?

Falling adalah novel yang saya tulis dengan hati dan dengan kejujuran. Kejujuran di sini artinya, saya berusaha memahami karakter saya, dan tidak me-remote atau mengarahkan, ke mana tokoh-tokoh itu harus melangkah.

Saya hanya bertindak sebagai perantara yang menuliskan apa yang ingin mereka ceritakan.

Dan pengalaman itu luar biasa.

 

Dan untuk ke depannya, dengar-dengar kakak lagi dalam proses menggarap novel baru lagi nih, boleh kasih bocoran enggak? Kira-kira bakal tentang apa novel barunya? Apa masih ber-genre romance juga?

Puji Tuhan naskah terbaru saya telah selesai digarap, masuk ke lini metro pop juga—jika Tuhan izinkan. Sekarang sedang antre di tangan editor.

Tema di naskah itu adalah tentang seorang gadis yang harus berpikir ulang, apa yang ia inginkan dalam hidup?
Pria dan kehidupan jenis apa yang sebenarnya ia cari? Apakah ia harus terus mencari, atau di satu titik, ia harus tinggal dan menetap, berakar dan membentuk tunas baru?

Bantu doa ya, supaya semuanya lancar.

 

Terakhir, buat disampaikan kepada para calon pembaca. Kenapa mereka harus baca Falling?

Saya berharap para pembaca mau memberikan novel ini kesempatan pertama :p
Kesempatan awal supaya mereka bersedia membuka halaman pertama dan membaca kisah ini tanpa prasangka apa-apa. Saya berharap para pembaca menikmati alunan kisah Carly dan Maggie.

Dan mungkin mereka akan sampai pada apa yang ingin saya tuliskan. Bahwa setiap manusia, betapapun mereka berbeda dalam banyak hal, baik itu latar belakang, pendidikan, orientasi seksual atau apa pun, pada dasarnya mereka semua sama. Setiap orang memiliki cerita, mimpi maupun ketakutan masing-masing.

 

Setelah menyimak tanya-jawab singkat saya dengan Rina Suryakusuma, sudah tahu kan latar belakang yang mengagasnya dalam menulis novel Falling. Dan semangat terus untuk Kak Rina. Pastinya banyak pembaca yang penasaran dalam menunggu novel barunya, termasuk saya 😀 Semangat ya, Kak Rina!

cukzcrjucaa8lpf

Daripada berlama-lama, sekarang lebih baik saya membuka sesi giveaway yang pastinya sudah ditunggu oleh teman-teman semua. Syaratnya seperti biasanya:

 

  1. Event ini hanya untuk teman-teman yang berdomisili di Indonesia.
  2. Follow twitter @Rinasuryakusuma dan @frostbitiggy
  3. Share link blogiveaway ini di timeline Twitter dengan hashtag #GAFalling. Mention @Rinasuryakusuma dan @frostbitiggy
  4. Dan jawab pertanyaan ini di kolom komentar dengan menuliskan nama, email, dan akun twitter:

Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

  1. Event giveaway ini hanya berlangsung selama lima hari 27 November 2015-1 Desember 2015.
  2. Tiga orang beruntung masing-masing bakal mendapatkan buku “Falling” karya Rina Suryakusuma gratis.
  3. Tiga orang pemenang bakal diumumkan tanggal 2 Desember 2015.

Semoga beruntung 🙂

Advertisements

44 thoughts on “[Ask Author & Giveaway] Falling – Rina Suryakusuma

  1. Nama: Eris Andriani
    Email: ayaseyis@gmail.com
    Twitter: @RizAnNie88
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/670065143833862144
    Jawaban:
    Aku ingin mendapatkan novel Falling ini karena:
    1. Aku penasaran tema LGBT itu maksudnya kayak apa dan gimana keseruannya
    2. Aku belum pernah baca karya kak Rina, jadi aku ingin mencoba menyelami setiap alur cerita karya kak Rina yang pastinya menarik yg tak harus dibaca 1x saja tapi harus berkali-kali. Jika diberi kesempatan mungkin lewat novel Falling ini.
    3. Aku ingin belajar memahami apa yg dituliskan kak Rina dalam novel ini, walaupun setiap manusia itu berbeda namun sebenarnya setiap manusia itu sama. Sangat-sangat bisa kujadikan motivasi agar lebih kuat menjalani hidup. Sekuat karakter Maggie dan Carly.

    Terima kasih 🙂

  2. Nama : Tasya
    Email : tasyamanda9525@gmail.com
    Akun twitter : @tasyaamanda95

    Alasan aku ingin mendapatkan novel ini karena Falling, bertema LGBT yang bener-bener layak untuk dibaca. Dari segi review oleh kak Anas membuat aku tambah penasaran dengan alur cerita Falling ini.
    Terlebih setelah membaca jawaban dari kak Rina dalam proses membuat novel ini dengan hati dan kejujuran memuat saya lebih appreciate dengan kak Rina dan karyanya.

  3. Nama: Nisa
    Email: ansdwyt@gmail.com
    Akun twitter: ansdwyt

    Jawaban:
    Aku ingin mendapatkan novel ini karena aku sangat tertarik dengan isu LGBT yang diangkat. Terlebih tema yang diangkat di sini adalah L yang mana jarang sekali mau aku baca :)) intinya sih aku ingin keluar dari zona nyaman, dan ketika baca review-nya aku makin penasaran dan merasa mantap untuk membacanya.

  4. Nama: AA. Muizz
    Twitter: @aa_muizz
    Surel: dereizen@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/aa_muizz/status/670073023068831744

    Saya ingin sekali membaca novel falling, karena:
    1. Saya masih asing dengan novel metropop. Saya baru membaca dua novel karya aliaZalea. Jadi, saya ingin lebih mengenal genre metropop dan untuk mengenal kehidupan metropolis di Indonesia.
    2. Sudah beberapa kali saya membaca novel tentang gay, tapi belum sekali pun tentang lesbian. Kelihatannya novel ini menarik untuk mengetahui dunia lesbian dalam novel ini, apalagi saya memang tertarik dengan tema LGBT.

    🙂

  5. nama: Ana Anggraini
    email: anggrainiana94@yahoo.com
    akun twitter: @ukhty_ana
    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?
    jawaban:
    LGBT itu apa sih? Nah untuk mengetahuinya aku harus baca buku “Falling” ini dulu dong untuk tau apa maksudnya,jujur sih aku baru denger nama kak Rina sekarang ini mangkanya aku penasaran dan pingin tahu gaya menulisnya seperti apa siapa tahu bisa menginspirasi aku juga untuk menulis buku 🙂 aku mau tahu lebih banyak tentang penulis di Indonesia nggak cuma penulis terkenal aja biar makin luas wawasannya tentang menulis. Dan dari review yang aku baca sih ceritanya tuh bikin penasaran dan kayaknya air mata bakalan berhamburan saat baca buku ini,kayaknya sih kan aku blm baca mangkanya kepingin dapet hihi 😀 dari reviewnya sepertinya carly bakalan jatuh ke lain hati nih dan kelanjutannya seperti apa ya?? penasaran penasaran penasaran…. 😀

  6. Nama : Yunita P. Utami
    E-mail : niuniudon.id@gmail.com
    Twitter : @udonkuma https://twitter.com/udonkuma/status/670083386141253632

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    ~ Pertama, suka banget sama covernya yang simpel dan terkesan ‘bermimpi’ entah, pas liat covernya langsung suka dan ‘mengartikannya’ dengan istilah ‘bermimpi’.
    ~ Kedua, Sering banget liat review falling bertebaran dan sempat liat di goodreads juga. jadi makin penasaran pengen baca cerita Carly dan Maggie yang ternyata menyukai satu sama lain.
    ~ Ketiga, pertama kali baca karya mba Rina waktu itu Postcard from Neverland, dan saya suka sama cara bercerita mba Rina yang lincah dan enak banget dibaca. Nggak bikin bosen dan terkesan menggurui, lebih seperti menceritakan apa yang dialami ke pembaca. Suka banget.
    ~ Keempat, novel bertema LGBT sekarang sudah mulai diangkat oleh beberapa penulis, dan saya penasaran bagaimana mba Rina meramu topik ini, menjadi sebuah cerita yang bisa buat orang penasaran. Jujur, dari cover aja saya udah penasaran, baca sinopsinya bikin tambah penasaran! semoga rasa penasaran saya bisa terobati dengan dapat buku ini 🙂

    Makasih sudah buat giveaway-nya 🙂

  7. Abduraafi Andrian | oughmybooks@gmail.com | @raafian

    link share : twitter.com/raafian/status/670083570711601152

    Jawab: Novel teman LGBT? Sudah banyak yang kubaca tetapi semuanya bagian G. Bagaimana dengan bagian L? Berikan bukunya padaku dan biarkan aku melepas penasaranku.

  8. NAMA : Herfa Memory
    EMAIL : herfamemory@gmail.com
    TWITTER : @memoryherfa

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    1. I’m addicted to metropop too much dan belum pernah menemukan konflik utama tentang LGBT.
    2. Ingin tau lebih banyak soal bagaimana sebenarnya kehidupan ( konflik dengan lingkungan, internal conflict dengan dirinya, atau konflik lain ) dan perasaan seorang LGBT.
    3. I have seen a book cover like Falling hehehe walau pun nggak terlalu mirip tapi jadi penasaran, apa sebenarnya hubungan cover dengan isi cerita dan kenapa judulnya harus Falling.
    4. Ingin jadi pembaca baru dari penulisnya-Rina.

    Thanks so much!

  9. Nama: Ten
    Email: regulus_noel@yahoo.com
    Twitter: @ten_alten
    Jawaban:
    “Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?”

    Simpel, karena aku suka baca.. 😀
    aku pengen nambah bacaan baru (apalagi ini tentang LGBT yang jarang diulas)..
    aku berharap bisa kek tokoh di cerita ini yang merasakan ‘Falling’ (walaupun mereka LGBT), aku juga ingin merasakan ‘Falling’..
    ‘Falling’, semoga kita berjodoh.. ^^/

  10. nama: pramestya
    email: pramestya23@gmail.com
    twitter: @p_ambangsari

    1. Karya-karya dari Rina Suryakusuma sudah jelas banyak dikenal dan disukai oleh banyak orang, tapi aku lupa dulu pernah baca karyanya nggak ya? Atau jangan jangan malah belum pernah? Makanya aku pengen Falling in hug of this book biar tambah kenal sama penulis-penulis Indonesia dan karyanya.

    2. Saya ingin mengabulkan permintaan kak Rina tentang “berharap para pembaca mau memberikan novel ini kesempatan pertama…”. Aku jelas mau bangeeett, karna itu ikut GA ini.

    3. Pengen dapet buku ini biar aku lekas tau apa yang pembaca GR rasakan ketika menyelami isi buku yang terbilang unusual ini. Pengen lekas tau endingnya, apa Carly bakalan sama Maggie atau semuanya diakhiri dengan twist?

    4. Dari review di GR juga membuatku pengen tau lebih banyak isi buku ini. Ada yang bilang buku ini memiliki ending yang “bukan sekedar berbeda dan realistis” berarti lebih dari itu kan? Terus ada juga reader yang bilang kalau alurnya susah ditebak, wah… ini kesukaan aku, semoga emang gitu. Biar ada surprisenya.

    5. Kemudian aku pengen dapet buku ini karna covernya, entah kenapa aku selalu suka cover model gituan. Wkwkw

    6. Dan yang terakhir ketiga (?) banyak yang bilang kalau mereka agak sebel sama sikap Carly, menurutku kalau pembaca bisa bilang kayak gitu itu tandanya karakter Carly beneran kuat, buktinya sampai bisa bikin pembaca terlarut alias baper.

    7. kenapa aku mau novel ini, aku udah penasaran banget, terbukti dari udah kepo soal novel ini sampe nyari info di GR. Bukti lain, dari no pertama sampai terakhir jawaban GAku ini membuktikan aku ngebet (maksa) buat dapet novel yang temanya belum pernah kubaca.

    8. the last Aku mau dapet buku ini biar bisa muasin hasrat baca buku dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sedari tadi melatang di pikiran saat baca review.

    Sekian dari saya, terimakasih.

  11. Nama: Natasha Dinda
    Email: x_natasha_x@windowslive.com
    Twitter: @xx_natashaD

    1. Pernah baca novel LGBT Indonesia, tapi tidak terlalu meninggalkan kesan spesial. Membaca review Kak Anas membuat saya (benar-benar) penasaran dan memutuskan untuk memberi kesempatan pada novel bergenre ini lagi.
    2. Saya memang suka dengan karya Rina Suryakusuma (favorit saya: Lullaby).
    3. Sebenarnya saya sudah mengincar buku ini, tapi belum sempat beli (dan kebetulan ada harapan untuk mendapat gratisan… hehe)

  12. Nama: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya

    1). Aku belum pernah baca novel dari Rina Suryakusuma sebelumnya. Ingin tahu seperti apa rasanya nyeruput racikan kata per kata dan aroma percintaannya, terutama yang satu ini langsung bertemu dengan romance berbumbu LGBT.

    2). Review-mu bikin aku baper! XD

    3). The story of Carly and Maggie suddenly reminds me with the memories from several years ago. I forgot what and how the taste of love was, especially ‘falling’ for someone that I’m not supposed to fall in love with. Nay nay nay! Bukan kesamaan dari sisi LGBT-nya lho ya 😛 melainkan tentang pengemasan cerita romance-nya itu sendiri. Yeah, I missed it!

    So, I hope you don’t mind to grant my wish. Thank you! 😉

  13. Nama : Cahya Widyastutik
    Email : cahyaembun04@gmail.com
    Twitter : @cahyawid

    Alasan utama pengen baca novel ini : Penasaran pake bangett.
    Apalagi tema yg diangkat adalah LBGT, isu dan persoalan yg dianggap tabu oleh masyarakat kita. Terlebih masih jarang penulis Indonesia yg mengangkat tema ini utk karya mereka, bisa jdi nilai plus tersendiri dong.

    Penasaran banget sekaligus pengen tahu perasaan menjadi seorang lesbian itu seperti apa.
    Kehidupan pribadi dg ‘pasangan’, kehidupan sosial mereka, konflik yg mengiringi baik scara personal maupun dg lingkungan sekitar yg ‘menolak’, dan segala tetek bengek persoalan yg menimpa kaum minoritas ini, menggoda sekali untuk dikulik lebih dalam.
    Aku mau bacaa. Mauu bangett.~

  14. Nama: Riqza Nur Aini
    Twitter: @riqzanainiee
    Email: moha3451@gmail.com
    Domisli: Demak,Jawa Tengah
    LinkShare: https://mobile.twitter.com/riqzanainiee/status/670178859543756801?p=v
    .
    .
    Pertanyaan:
    “Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?”
    .
    .
    Jawaban:
    #GAFalling
    Sampulnya cantik ya,bertabur bintang yang bergemerlapan.Aku suka sekali bintng.Tadi sempat baca2 reviewnya,novel Fallings mengangkat tema yang berbeda ya?Soal LGBT.Aku penasaran deh sama tema soal LGBT yang dibuat kak Rina,memang benar kan kalau tema seperti itu masih diianggap tabu di Indonesia dan itu yang membuat saya penasaran gimana cara kak Rina membangun ceritanya.Lalu soal Carly,Seth,dan Meggie.Gimana ya kelanjutan kisah mereka?Carly kenapa jadi dilema dan ragu akan pernikahannya dengan Seth?Dia menyukai Meggie atau gimana sih?Pertanyaan-pertanyaan itu terus mengepul di otakku.Carly akhirnya nikah sama siapa dong?Duh,bikin penasaran aja.Di review juga dikatakan kalau novel Falling ini menjebak.Semenjebak apa sih novel ini?Aku juga pengen tau kejebak dalam Falling,hehee.Aku juga pengen ngerasaain gaya bahasa berbeda dari novel metropop pada umumnya yang sudah diracik kak Rina dalam novel Falling.Baca reviewnya saja sudah greget bikin kepo.Dilema Carly penuh misteri soalnya…

  15. Nama : Rizky Novianti
    Email : rizkynovianti26@gmail.com
    Twitter : @ritzkyy99
    1. Reviewnya menggigit. I feel so excited after reading ur review haaa
    2. Covernya simple tapi cantiks. Beneran FALLING. In love x))
    3. Pernah baca novel Kak Rina yang judulnya Lullaby. Kesan di akhir waktu baca novel itu ya speechlessnya extraordinary *apa sih* Sepertinya novel ini pun akan bawa kesan begitu.
    4. Genrenya itu beneran ‘new, different, fresh” Yap, LGBT dengan penegasan di bagian ‘L’nya. Kak Rina berani ambil genre yang rasanya masih ‘errr’ di Indonesia. Tabu, gak normal, menyimpang dari norma, dan kata lain yang punya arti sama. Why not? Yang baru perlu dijajal nih.
    5. Mengingatkan saya pada kalimat : “Jatuh cinta kepada siapa ya gak ada yang bisa ngatur. Meski kita harus dicap gak normal dan gak waras karenanya.” *mulai baper* Tapi serius lho XD

  16. Nama: Ariansyah
    Email: ariansyahabo(at)gmail(dot)com
    Twitter: @ariansyahABO

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    Karena jujur sampai sekarang saya masih belum menemukan novel karya penulis Indonesia yang mengambil tema LGBT yang bisa memuaskan saya. Nggak perlu sedahsyat Aristotle and Dante Disover the Secrets of the Universe deh, yang penting menghibur, nggak maksa, dan bukan “adaptasi bebas” dari film luar. Ditambah lagi karena yang diangkat buku ini bagian “L”-nya. Lebih seringnya “G” yang diangkat. Terutama penulis novelnya kan cewek juga (nggak bermaksud seksis x)) cuma biasanya penulis cewek lebih memilih mengangkat “G”. Biasanya…). Makanya jadi bikin tambah penasaran.

  17. Nama: Titis Kusuma
    Email: titis.wardhanie@gmail.com
    Twitter: @titiskw
    Alasan saya ingin mendapatkan novel Falling:
    1. Jujur saya belum pernah membaca novel yang mengangkat tema mengenai LGBT. Apalagi karya penulis Indonesia. Saya ingin mengetahui bagaimana cara Kak Rina Suryakusuma mengemas cerita tersebut. Mengingat LGBT masih menjadi hal yang tabu di Indonesia plus sebatas isu.
    2. Saya juga amat penasaran soal bagaimana kak Rina Suryakusuma menggambarkan tokoh lesbian dalam cerita tersebut agar tidak membuat geli pembaca (maaf). Soalnya masyarakat terutama anak muda, lebih familiar dengan guy daripada lesbian.
    3. Apabila saya mendapatkan novel Falling dan membacanya, saya dapat merekomendasikan novel ini kepada teman saya yang sedang mengerjakan skripsi. Kebetulan tema yang dia ambil mengenai LGBT dan konstruksi media dalam membalut informasi LGBT pada masyarakat. Novel ini bisa jadi menjadi sudut pandang lain dalam menyikapi LGBT.
    4. Dan alasan yang terakhir saya ingin mendapatkan bacaan yang unik dan keluar dari zona aman (biasanya saya hanya baca novel romance dan fantasi). Saya berharap novel ini bisa memberikan sudut pandang lain mengenai LGBT.
    Terima kasih. Semangat serta sukses buat kak Rina Suryakusuma untuk novel Falling, ditunggu novel selanjutnya.

  18. Nama: Fransisca Susanti
    Email: siscawiryawan@ymail.com
    Twitter: @siscacook
    Link share: https://twitter.com/siscacook/status/670232451239800832
    Jawaban:
    Aku ingin mendapatkan novel Falling ini karena:
    F…ufff aku belum pernah baca genre LGBT O.O Jadi penasaran 😛
    A…ku suka bahasan kehidupan ^.^ sepertinya novel ini sangat bermakna mengangkat makna kehidupan dan bahwa manusia itu sempurna karena ketidaksempurnaannya. Tentang mimpi dan ketakutan, hal yang sangat manusiawi. Aku setuju banget dengan pendapat si pengarang yang meleburkan diri ke dalam tokoh. Pasti menarik melihat ide-ide yang ia tampilkan. =)
    L…agi-lagi aku keracuni review seru >..<
    N…ah poin lain karena novelnya berttd pengarang…lebih berkesan dan istimewa =)
    G…ara2 reviewnya yang seru di blog ini, aku jadi beneran Falling in love sama novel Falling ^.^
    Trims banyak atas kesempatan giveawaynya ^^

  19. Nama: Cahya
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Twitter: @chynrm

    Jawaban:

    Aku ingin keluar dari comfort zone. Aku sering baca tentang LGBT tapi selama ini comfort zone-ku ada pada karya-karya LGBT dari Alberthiene Endah dengan nama-nama tokoh yang lokal punya. Selama ini aku memang lebih tertarik dengan tulisan-tulisan beliau daripada penulis LGBT lain.

    Nah, kalau novel Falling dari Rina Suryakusuma ini agak berbeda. Nama-nama tokohnya lebih ke barat-baratan tapi tidak menyajikan adegan kipas-kipas. Mix & match. Itu yang membuat aku ingin baca novel ini. Jadinya nggak takut kena sindrom gingkobiloba haha. Ditambah lagi novel ini masuk lini METROPOP yang sangat tidak bisa aku tolak pesonanya. Udah lama nggak reunian sama metropop nih.

    #MetropopGarisKeras 😀

    Sekian jawabanku. Terima kasih, Salvatore~ 🙂

  20. Nama : Aisyah
    Email : ais.fucu@gmail.com
    Twitter : @aisyah_fucu

    Awalnya aku nggak tahu tema LGBT itu apa. Dilihat dari jawaban teman-teman sepertinya itu tema tentang lesbian atau gay mungkin ?

    Terus terang aku belum pernah membaca novel bertema LGBT ini. Dan memang jarang penulis mengangkat tema tersebut.

    Aku belum pernah membaca karya mbak Rina, jadi ingin mengetahui gaya menulisnya di novel Falling ini. Semoga ini menjadi awal yang baik.

    Ingin menjadi tiga orang beruntung yang menjadi pembaca pertama. Ingin novel gratis, tinggal di tempat yang susah mendapatkan buku karena tidak ada toko bukunya. Kalau lagi ada rezeki biasanya beli online yang mahal pada ongkir.

  21. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/670288781228949504
    Jawaban:

    Ada beberapa alasan kenapa aku pengen baca novel ini.
    1. Jujur, aku belum pernah baca karya dari Mba Rina. Untuk itu, aku berharap berkesempatan mencicipi Falling sebagai novel perdana perkenalanku dengan karya Mbak Rina.

    2. Cover. Jujur, pertama kali aku lihat cover Falling yang sederhana nan simple yang notabene hanya tulisan berlatarkan langit yang penuh bintang plus aksen bintang jatuh, membuatku makin penasaran dengan the whole story of this novel. Menurutku, pemilihan konsep cover seperti ini gak biasa dari novel dalam negeri kebanyakan(seperti cover novel luar negeri). Simple, sederhana tapi itulah yang membuat penasaran.

    3. Tema LGBT. Walau tema seperti ini bukan yang pertama(karena sudah ada yang mengangkat tema seperti ini sebelumnya) tapi aku tetep memberi apresiasi tinggi buat Mba Rina yang berani mengangkat tema yang masih sensitif dan tabuh ini (khususnya indonesia). Terlebih sekarang mulai menjadi sorotan publik karena dilegalkannya hubungan LGBT di beberapa negara yang menuai banyak pro dan kontra. Aku tau, menulis tema seperti ini tidak mudah. Yang aku sangat ingin ketahui adalah apa yang melandasi seseorang memilih untuk hidup di jalur LGBT ini. Perasaan dan pemikiran seperti apa yang dirasakan. Misal, dalam kasus transgender, jika diajukan pertanyaan seperti itu, maka kebanyakan mereka akan mengatakan “karena jiwa mereka terjebak di raga yang salah”. Nah, untuk kasus gay atau lesbi ini, aku ingin tau apa alasannya. Karena di lingkunganku tidak ada yang seperti itu, kalaupun ada, aku juga gak punya keberanian bertanya karena itu sangat sensitif. Untuk itu, aku harap melalui Falling, aku bisa mendapatkan gambaran tentang pertanyaan2 yang selama ini membuatku penasaran tentang dunia LGBT.

    Terima Kasih 😀

  22. Nama: Evita
    Email: evita.mf27[at]ymail[dot]com
    twitter: @evitta_mf
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/670290750626660352

    Kenapa aku ingin baca novel ‘Falling’ ini?
    1. Pas baca nama penulisnya Rina Suryakusuma, kok kayanya nggak asing ya, pas lihat rak bukuku ternyata dugaanku benar, aku pernah baca novelnya kak Rina yang covernya hijau manis judulnya “Postcard from Neverland”. Aku pengen bilang sama kak Rina, saat aku baca novel Postcard from Neverland kayanya isi buku itu yang bacain sendiri buat aku. Novelnya kaya bacain ceritanya buat aku, aneh ya, tapi beneran itu yang aku rasain pas baca tulisannya Kak Rina. Tokoh Ami dalam novel itu berisik banget tiap aku buka novelnya sampai selesai. Aku baca novel itu cuma tiga jam. Kayanya kalau nggak selesai dalam sekali duduk, aku nggak bisa tenang dicerewetin Ami. Hehe… XD
    2. Nah novel yang kubaca itu kan labelnya Amore kalau yang Falling ini metro pop, jujur aja aku belum banyak pengalaman baca novel metro pop, makanya penasaran banget sama isi novel-novel metro pop, khususnya novel Falling ini.
    3. Suka liat para reviewer bilang pengen baca novel ini. Bahkan udah banyak juga yang ngereview Falling. Kan jadi bikin aku penasaran.
    4. Temanya LGBT. Aku sih suka-suka aja baca ataupun nonton film yang temanya LGBT. Kalau aku rekomendasiin novel/buku ke temenku tentang tema LGBT biasanya dia bakal bilang “ga mau ah yang kaya gitu” dia ga kuat baca/nontonnya. Aku cuma ketawa-ketawa dengernya. Kalau aku sih suka. Unik aja. Paling suka sih yang temanya gay. Hahah aneh ya selera bacaku. Aku suka yang aneh-aneh sih kalau baca cerita. Kalau baca yang itu-itu aja, kan, bosen, monoton. Lagiankan LGBT cuma cerita.
    Ya itu dia empat besar alasanku kenapa pengin banget baca novel ini. ^^
    Mudah-mudahan jadi tiga yang beruntung, ntar si Hijau dapet temen baru di rak buku. (:

  23. Nama: Aaf Afnifay
    Email: afnifay@gmail.com
    Twitter: @afnifay

    Q: Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    A: Karena saya ingin membacanya dan menempatkan novel Falling di rak buku bersama dengan koleksi novel-novel saya yang lain.
    Kenapa saya ingin membacanya?
    Karena saya penasaran dengan novel Falling karya Ka Rina yang ini. Novel tentang LGBT, seperti yang saya baca dari sesi tanya jawab Ka Rina dengan Ka Anas, juga membaca dari review yang sudah ada.
    Saya jadi semakin penasaran seperti apa jalan cerita kisah Carly dan Meggie, juga para tokoh lain yang hidup dalam novel Falling.
    LGBT, mendengar itu memang benar-benar sensitif sekali dan mungkin jarang ditemui dalam sebuah novel. Ini yang membuat saya semakin penasaran ingin membaca karya Ka Rina yang satu ini.
    Kalau dilihat dari covernya memang simple sekali, tapi kesannya “dapet” banget. Saya suka covernya👍😍.
    Love Story merupakan salah satu genre novel favorite saya.
    Semoga Novel Falling ini bisa jadi perkenalan saya dengan karya Ka Rina, dalam waktu dekat ini.
    Thanks a lot. 😄
    Senang bisa ikutan Giveaway di blog ini. 😃

  24. Nama: Ella Kurnia Oktaverina
    Email: ellaoktaverina@gmail.com
    Akun twitter: @ellaverina_

    ”Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?”

    Pertama, tema. Tema LGBT di Indonesia kan masih dianggap tabu yah walaupun sebenarnya saya tahu ‘memang ada’ di dunia nyata bahkan di Indonesia itu sendiri. Sejujurnya, saya adalah salah satu dari segelintir orang yang menikmati membaca slash, tapi… dengan batasan tertentu ofc 😉 Dan saya pikir saya tertarik dengan tema dan premis yang diangkat oleh Mbak Rina di novelnya yang kali ini, apalagi alur ceritanya berlatar di Jakarta (saya habis membaca resensi Kak Azura tentang novel ini omong-omong #sorrynotsorry ;)). Saya pikir alur ceritanya akan berjalan dengan rumit dan saya harap memang hal ini sesuai dengan ekspektasi saya. Dan ngomong-ngomong soal novel LGBT, saya biasanya membaca yang G saja… membaca yang L tentu saja akan membuat saya keluar dari zona nyaman saya karena pair L adalah sesuatu yang baru bagi saya. Saya juga tertarik untuk membandingkan bagaimana lebih kuat dan menarik mana antara satu dan yang lainnya; ya walaupun saya tahu sih itu relatif dan bergantung pada tiap penulis. Tapi saya pernah membaca bahwa hubungan antarwanita itu lebih… emosional. So, I got a point to prove.
    Kedua, saya menemukan diri saya kagum dengan diksi yang digunakan Mbak Rina padahal saya belum pernah membaca novel beliau dan cukup dengan membaca kutipan novel ini di resensi Kak Azura saya langsung tahu sesuatu… it’s what I enjoy the most.
    Ketiga, cover. Covernya menarik dan tidak terbersit apapun di benak saya bahwa sampul dari novel ini ada kaitan dengan tema LGBT. Sekilas saya malah berpikir bahwa ini buku tentang roman pasangan hetero biasa dan ada sangkut-pautnya dengan bintang, tapi ya… istilah ‘Don’t judge the book by its cover’ memang ada benarnya; saya langsung terbelalak begitu tahu tema yang diangkat bukan tema roman picisan yang mainstream di kalangan penulis masa kini.

    Saya kira cukup sekian alasan dari saya. Sukses selalu untuk Kak Azura dan Mbak Rina 🙂

  25. nama : umi marfa
    twitter : @umimarfa
    email : umi(dot)marfa(at)gmail(dot)com

    Well, selain covernya simple tapi eye-catching dan ide cerita yang baru daipada yang biasanya, saya juga suka cara penulis menyampaikan “Falling adalah novel yang saya tulis dengan hati dan dengan kejujuran”, saya respect sekali dengan orang dan kejujurannya, jadi bisa saya pastikan mungkin saya akan menikmati dan merekomendasikannya pada publik, soalnya, saya sendiri punya blog dan kualitas menulis nomor satu memang kejujuran, semoga saja Falling jadi bacaan pertama di bulan terakhir 2015 ini, ya 🙂 sukses selalu ka Rina dan kak Anastasia 🙂

  26. Nama: Angelina Arum Wulandari
    Email: angelina_arum@yahoo.com
    Twitter: @angeliaaw249
    Link share: https://twitter.com/angeliaaw249/status/670557877539463170

    Alasanku pingin dapetin novel falling itu..
    1. Aku penasaran sama novel LGBT.
    2. Aku pingin nunjukin ke temen2 atau orang yang aku kenal kalau menjadi ‘berbeda’ itu enggak ada yang salah.
    3. Aku pingin ngerasain gimana rasanya harus bisa hold back feelings gitu, karena kita tau apa yang kita rasain/lakukan dianggap gk bener sama orang2.
    4. Aku pingin nunjukin ke semua orang kalau kita gak pernah milih buat hidup kayak gini. Memang kita punya banyak pilihan, tapi mau seburuk/setabu apapun pilihan itu kita harus tetep jalani kan.

    Aku ngerasa semua yang aku tulis di atas bisa kejawab setelah aku baca novel falling.

    Wish me luck ehehehe

  27. Nama : evi dwi puspitasari
    email : evi_asl@yahoo.com
    Twitter : @littleephie

    alasan kenapa aku pengen baca novel Falling adalah….
    Karena aku suka baca. Bukan baca sms atau koran. Tapi baca novel sampai sampai aku dibilang kutu novel. Setelah membaca review jujur aku kaget dengan tema LGBT yang diangkat. Apalagi untuk penulis Indonesia, Kak Rina yang berani membuat sesuatu yang berbeda dan tak biasa. Aku acungin jempol deh buat kk Rina. Penasaran sama alur ceritanya, sama Carly dan Maggie. Sekiranya konflik apa yang terjadi, bagaimana tanggapan tokoh lain, dan sisi baik juga buruk dari sang tokoh utama

  28. Nama: Dyah Mustika
    Email: Chimomo15@gmail.com
    Twitter: @Dymustika_
    Link share : https://twitter.com/Dymustika_/status/670611755610021888

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    Cerita sedikit, aku baru-baru aja addicted bgt ama novel. dan kalo ngomongin novel pertama kali pasti bahas cover, karna cover itu kayak jiwa yang melambangkan isi novel itu sendiri. Pertama lihat cover novel “Falling” aku jatuh cinta (pandangan pertama dari mata turun ke hati). aku suka banget cover yang simpel tapi gambar yang ada di cover itu
    seolah sudah ngasih kesan tentang isi novelnya. aku penasaran banget tentang ledakan apa yang bakalan dikasih penulis di dalam novel ini. apalagi novel ini mengangkat tema yang jujur aja aku ga pernah denger dan gapernah tau. Aku pengen dapetin novel ini juga karena pengen ikutin alur pikiran penulis, pengen diaduk-aduk emosinya sama si penulis. hehehe
    Maklum suka kebawa emosi sendiri kalo sudah berhadapan sama novel.

    Kalo aku dapet novel ini mungkin aku bakalan pajang dan aku pamerin via sosmed soalnya seneng banget bisa dapet novel giveaway pertamaku. Habis itu langsung aku lalap habis novel ini ^_^
    gak sabar pengen baca novel ini…..

  29. Nama: Didi Syaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Twitter: @DiddySyaputra

    Mungkin Sayalah satu-satunya peserta GA yang awam banget dalam hal kepenulisan. Yah, karena Rina Suryakusuma merupakan nama baru di list author sepengetahuan Saya. Tapi, hal pertama yang sangat menarik dan bikin Saya langsung fallin love dengan karya penulis tersohor ini setelah di-review yaitu dari kutipan ‘Falling,’ “Aku tidak menyesal dilahirkan berbeda. Aku cinta setiap jengkal kehidupanku kini. Kalau ada yang kusesalkan, itu hanya satu. Aku terlambat mengenal kamu.” –Falling, hlm. 214-215. Mengenai kutipan, memang sejak dulu ketika memilih bacaan Saya sangat suka mengoleksi kutipan-kutipan menarik dan menginspirasi, ‘magic’ banget untuk sebuah novel, dan seringnya Saya termotivasi dengan kutipan-kutipan singkatnya 🙂

    Selain itu, Saya nggak pernah sama sekali menemukan bacaan dengan genre LGBT. Terlebih ditulis oleh anak bangsa. Dan Saya ingin sekali merasakan sisi kebaruan kehidupan dari ‘Falling’ baik positif maupun negatif. Lewat judul yang Saya simpulkan sepertinya ‘Falling’ ingin membangun kembali suatu keadaan yang sempat terjatuh, terperosok ke dalam liang buntu kehidupan, dan mencari titik bangkit dari semua keterpurukan. That’s very amazing! Lebih lagi, isu yang diangkat sangat menantang; lesbian. Jujur saja, Saya nggak terlalu respect dengan penyimpangan begini, tapi setelah membaca review ‘Falling,’ Saya dihadapkan dengan keadaan yang memang harus menerima segala sesuatunya, sisi lain kehidupan bener-bener nggak bisa dipungkiri, karena jelas terjadi secara alamiah, yang pasti bagaimana penyikapan dalam menghadapinya. Ooo, Great Novel! Be positive thinking in life.

    Terima kasih #GAFalling!

  30. Nama: Mustika Nurmasari

    Twitter: @PaneTika

    email: panemustika@gmail.com

    Alasan ingin mendapatkan novel Falling..

    Well, sebenarnya LGBT itu bukan hal tabu lagi buat ku. Karena aku dekat dengan mereka tanpa mendiskriminasi keberadaan mereka. Aku juga ingin mendapatkan novel ini karena aku rasa menarik. Sulit untuk menemukan sebuah novel dengan genre unik seperti ini. Aku lebih menikmati membaca novel dengan tema yang tidak biasa apalagi itu menyangkut dengan kehidupan sekitar kita yang biasanya banyak orang masih enggan membicarakannya apalgi untuk negeri yang menjunjung tinggi budaya timur yang kental seperti negeri kita.

    Berbeda dengan menonton sebuah film bertema LGBT, aku rasa membaca sebuah novel bertema LGBT lebih bisa merasakan bagaimana sih sisi detil dari kehidupan “mereka” yang selalu harus menyembunyikan identitas asli di depan banyak orang juga bagaimana perasaan mereka dalam menjalani kehidupan cinta yang bisa dibilang sedikit “menyimpang” . Mungkin, tema LGBT dalam novel ini menarik sisi kecintaan ku terhadap novel bergenre Psikologi-slice of life yang membuat kita membuka mata bahwa kisah cinta didunia ini tidak hanya bercerita tentang lawan jenis saja.

    Hampir tertipu dengan cover yang apik apalagi bagi pecinta nuansa biru didominasi dengan bintang-bintang. Setelah membaca penjelasan malah semakin meanrik minatku untuk membaca novel ini.

    Wish me luck~ 🙂 #GAFalling . ThankYou.

  31. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Email: anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07

    Aku sudah tertarik sama novel ini sejak pertama kali liat di toko buku, covernya itu loh duh simple tapi sangat menarik untuk diambil dari rak buku. Belum sampai ngambil bukunya, eh nama author nya udah keliatan. Langsung “WOW” abis ngeliat nama author nya, walaupun aku belum pernah baca karyanya kak Rina, tapi aku tahu kalau kak Rina adalah author yang sudah cukup lama menggeluti bidang tulis-menulis, dan karya-karyanya juga sudah banyak dikenal serta disukai masyarakat. Aku pun baca sinopsisnya dan review orang-orang tentang Falling, lalu aku dapat menyimpulkan bahwa buku ini masuk dalam kategori bacaan yang cocok untukku.

    Aku udah banyak baca buku Metropop, tapi buku ini menyuguhkan tema yang berbeda dan sangat menarik untuk dibaca. Dengan membaca buku ini, aku berharap dapat lebih memahami perasaan orang-orang yang mempunyai perasaan yang berbeda dari orang lain. Apalagi lewat karya penulis seperti kak Rina, duh pengin banget baca buku ini! 😀

    Makasih banyak untuk kesempatannya kak 😀

  32. Nama : Ria Monica
    Email : Monicamonn17@gmail.com
    Twitter : @Riamonic23

    Karena tema yg diangkat dalam novel tersebut sangat menarik . “LBGT”
    hal yang masih dianggap tabu dalam masyarakat indonesia serta dianggap menyimapan karena menyalahi kodrat tuhan. juga karna saya sudah pernah membaca novel dg tema lbgt namun tema yg diambil masalah gay sedangkan novel falling topik yg diambil adalah masalah lesbi . saya ingin mengetahui bagamana penulis ini memaparkan ceritanya dari sudut pandang masalah lesbi.

  33. Nama : Amilah Rahmatunnisa
    Email : milaa_rn@yahoo.com
    Akun Twitter : @RnMilaa

    Jawaban :

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novelFalling?

    Seneng banget ada giveaway “Falling” dari kak Rina >< Makasih ya kak udah kasih kesempatan.

    1. Pastinya aku ingin mencicipi novel baru kak Rina. Karena jujur aku belum pernah membaca karyanya kakak 😥 semoga dengan ini kakak gak marah yaa. malah ingin mempersembahkan novel kakak buat aku hehe

    2. Novel ini tentang LGBT kak?? Wah meskipun sempet denger sih sekarang banyak tema novel seperti itu. Tapi aku pribadi menganggap tema itu masih tabu. Dan aku sangat penasaran bagaimana pandangan kakak tentang LGBT di novel kakak ini. Apakah seromantis pasangan normal pada umumnya? ataukah terjadi banyak konflik di dalam hubungan itu. For the first time give me one please XD

    3. Aku penasaran gimana sih kisah cinta Maggie dan Carly? Aku pernah nonton film thailand yang tentang lesbi juga judulnya "Yes Or No" menurutku mereka berdua tidak salah dalam menilai cinta. Tetapi keadaan yang membuat mereka tidak bisa bersama.Karena dari orang tua salah satu dari mereka mengekang keras hubungan mereka. Kisah cinta mereka benar-benar manis dan membawa penonton masuk ke dalamnya. Kembali lagi pasti saat manisnya hubungan mereka akan lebih banyak konflik dan godaan – godaan yang muncul termasuk dari diri pribadi "benarkah apa yang sudah ku lakukan?"
    Walau pernah menonton film bertema LGBT tapi aku sama sekali belum menyentuh novel bertema seperti itu. Dan aku percaya kak Rina pasti sudah mengemas novel itu dengan manis dan dengan kata-kata yang mudah di mengerti untuk orang awam sepertiku 🙂

    4. Banyak orang bilang novel kak rina tuh tenang dan gaya bahasanya mudah dimengerti. Aku ingin membuktikan itu sendiri di dalam novel "Faliing" ini. Itupun kalo kakak memberikan kesempatan :). Aku ingin membaca buku kakak sambil meminum lemon tea di sore hari,membalik setiap halaman demi halaman. Dan tidak terasa sudah sampai di halaman terakhir. Membaca karya yang indah dan menyentuh hati sangat sayang untuk di lewatkan.

    Terimakasih ^-^

  34. Nama : Annisa Zulfa Nur Azza
    Email : annisa_nurazza@yahoo.com
    Twitter : @annisa_nurazza

    Aku penasaran sama jalan cerita novel dengan tema LGBT . Sebelumnya aku pernah juga baca novel ttg LGBT dan ada banyak hal yang membuat ku terkejut . karena pada dasarnya aku kan gak pernah tahu gimana perasaan LGBT gitu . Trs endingnya juga aku penasaran sama endingnya novel dgn tema seperti ini.

    Selain itu aku juga pengin minjemin temen-temen aku buat baca novel dengan tema kayak gini , biar mereka tahu gimana sih perasaan sebenarnya seorang LGBT biar kita gak suka lagi langsung mandang rendah orang yang seperti itu. Karena pada dasarnya semua juga ingin hidup normal . juga temen-temen aku masih suka nganggap tabu hal seperti ini makanya mereka gak pernah mau baca novel yang tema gini. Well aku ngerti lah pikiran mereka,karena pertama kali aku baca novel kayak gini juga risih . Tapi aku akhirnya open minded, cerita kayak gitu emang ada di luar sana .

    Nah , jadi aku pengin tahu lebih lagi gimana sih seorang LGBT itu dari novel ini , agar nantinya gak nganggep mereka rendah , nge judge jelek apalagi nge diskriminasi . karena mereka juga smaa seperti kita yang mencintai dan menyayangi seseorang.

  35. Well, karena pastinya penasaran dengan temanya LGBT. Bagaimana kehidupannya dan kisah percintaannya. Walapun, sebenarnya aku udah pernah nonton film dengan tema seperti itu. Tapi tetep aja ingin menyimak kisah para LGBT hehe. Dan, karna covernya. Dibalik sesimple itu pasti banyak hal yang menuai didalamnya.

    •••••
    Nama: Nadia Zulpa Aulia
    Email: nadia.aulia99@yahoo.com
    Akun twitter: @nadia_zulpa

  36. Nama : Aulia Resky
    Email : auliareski20@gmail.com
    Twitter : @AuliaaRez

    Q : Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?

    A : Banyak alasan yang kuat untuk menjadikan Falling jodohku:v Alasan pertama karena memang aku hobi membaca novel, sehari bisa sampai 2 novel yang habis ku baca. Yang kedua aku memang penggemar novel yang bergenre LGBT tapi biasanya cerita mengenai cinta antara dua pria alias GAY:3 Suka aja sama genrenya mungkin karena berbeda dengan yang lain(?) dan unik(?) Nah aku penasaran banget bagaimana cerita yang biasa aku baca itu cinta antara dua pria beralih menjadi cinta antara dua wanita. Entah sensasinya bakal kaya gimana-_- yaa walaupun aku bukan fujoshi akut tapi penasaran bangeeettt….. Mereka kan sama2 cewe, geli ga sih? Eh tapi aku pernah sih sekali nonton film dengan genre lesbian:3 Judulnya Yes or No, film asal Thailand yang keren banget menurutku. Apalagi pemainnya Aom Sucharat:3

    Nah filmnya keren, aku suka walau cinta mereka terlarang dan tak di ijinkan oleh orang tuanya. Tapi mungkin ini yang di namakan cinta itu buta, cinta itu tak mengerti keterbatasan dan cinta itu tak bisa memilih orang yang akan kita cintai. Novel ini memiliki daya tarik yang kuat bagiku sebagai pecinta LGBT. Oh iyaa ada alasan lain juga sebenarnya karena aku ingin banget mengetahui bagaimana perasaan seorang L terhadap pasangannya. Karena beberapa teman ada yang menjadi lesbi, aku geli tapi pasti mereka punya sensasi tersendiri. Ya walaupun jelas lesbi atau gay itu di larang keras, apalagi oleh agama. Tapi itu urusan mereka, toh mereka yang ngerasain cinta itu. Mungkin akan banyak pesan dan wawasan yang terselip dalam cerita ini dan aku ingin mengopreknya:v Oh iya covernya juga menarik sih, bagus hehe:3 bintang yang jatuh, gatau kenapa judulnya Falling. Pengen tau sebenarnya Falling itu sendiri menggambarkan apa?-_-” Jatuh kah? Atau mungkin ada maksud tersendiri di dalam novel yang masih menjadi bayang-bayangku:v

    Pokoknya keinginan untuk memilikinya terlalu kuat dan susah di lepaskan oleh kata kata yang terajut.

    Okkeh sekian dan terima kasih^^

  37. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Email : himurasora@yahoo.co.id

    Kenapa mau novel Falling ? Jawabannya sama seperti jawaban sebagian besar temen-temen diatas, karena novel ini mengangkat tema LGBT. Tema yang masih kurang umum untuk novel di Indonesia, walaupun sekarang sepertinya udah banyak penulis yang mulai melirik ke tema tersebut.
    Aku pernah membaca beberapa novel tema LGBT dengan gaya bercerita yang berbeda dan aku penasaran gaya bercerita seperi apa yang ditawarkan Falling ini.
    Kalau di interview mbk Rina bilang untuk memberi kesempatan pada novel ini, maka dengan senang hati aku akan memberikannya. Aku mau menyelami kisah karakternya yang “berbeda” dari orang-orang disekelilingnya. Konflik seperti apa yang dia hadapi dan bagaimana ia bisa mengatasinya …

  38. Nama: Khoirun Nisa’
    Email: khoirvnisa@gmail.com
    Twitter: @khoirvnisa

    Kalau saya sih alasan pengen dapet novel ini adalah karena selama ini saya selalu suka sama cerita LGBT entah cerpen atau cerbung entah yang setting dalam atau luar negeri. Karena saya sendiri masih penasaran sekali dengan topik LGBT. Saya juga walaupun dengan masih berantakan, beberapa kali mencoba membuat cerpen dengan tema ini. Terus, pas baca reviewnya, di bagian Carly berdebar-debar, nggak tau kenapa saya juga ikut berdebar-debar.. penasaran. Hahaha mungkin ini alay banget tapi ya emang gitu saya emang alay, gampang banget dibuat termehe-mehe sama buku

  39. Nama: Khairisa R. P
    Email: reddishdelight[at]yahoo[dot]co[dot]id
    Akun Twitter: @rd_lite
    Link share: https://twitter.com/rd_lite/status/671174274267398144
    Mengapa ingin Falling?
    ‘Jatuh’ bisa berarti ke dalam, jadi saya ingin memahami ceritanya dan tokohnya lebih dalam. Saya ingin merasakan pengalaman ‘jatuh’ ke dalam kisahnya, terutama bagaimana setiap tokoh menjalani dinamika dalam dirinya dan interaksinya dengan tokoh lain sepanjang cerita. Merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya jika bisa berbagi pengalaman luar biasa kak Rina dalam memahami karakter-karakternya sebagai seorang pembaca Terima kasih untuk #GAFalling ya :))

  40. Nama: Elsita Fransiska Mokodompit
    E-mail: elsitafransiska@gmail.com
    Twitter: @sitasiska95

    Aku adalah salah satu dari sekian banyak yang menolak hubungan sesama jeni baik untuk laki-laki maupun perempuan. Itu menyalahi aturan. Tapi, bukan berarti aku nolak buat baca cerita yang membawa LGBT sebagai tema utamanya. Apalagi membaca jawaban Mbak Rina yang bilang bahwa novel ini ia tulis dengan hati, tidak me-remote kemana karakter harus melangkah. Jadi, aku berekspektasi bahwa novel ini adalah ‘kisah nyata’. Kisah nyata dimana karakter-karakter di dalamnya bertindak sebagaimana yang mereka inginkan. Bahwa Mbak Rina disini sebagai penulis dan pemilik utuh cerita Falling sebenarnya adalah sesosok dalang yang berusaha menceritakan kehidupan dua orang yang saling mencintai tanpa pernah terlibat langsung di dalamnya. Mbak Rina adalah saksi tak kasat mata atas setiap peristiwa dalam ‘kisah nyata’ ini.

  41. Nama : Rina Eko Wati
    Email : rinaeko87@gmail.com
    Twitter : @HikariMio
    Link share : https://twitter.com/HikariMio/status/671667569158295552

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling ?

    Idenya yang anti mainstream inilah yang membuat saya ingin mendapatkan buku ini. Saya cukup terkejut ketika mendapati bahwa novel ini mengangkat tema tentang LGBT. Terlebih penulis menceritakan perihal genre L dalam buku ini. Oke, ini memang topic yang jarang dibicarakan oleh masyarakat awam dan merupakan cukup sensitive. Tapi menilik dari review-nya, penulis terlihat mampu mengemas topic ini dengan gaya bercerita yang cukup baik.

    Saya sempat melirik novel ini saat bertengger manis dirak new release, membaca book blurb-nya namun urung membawanya ke kasir. Book blurb dari novel ini belum mampu menarik hati saya meskipun covernya hampir membuat hati goyah. Terlebih saya belum pernah membaca karya mbak Rina sebelumnya, waktu itupun saya belum mengenal beliau yang ternyata cukup terkenal dalam dunia menulis (Beberapa hari yang lalu saya sempat googling tentang mbak Rina yang ternyata sudah banyak menelurkan karyanya, terutama yang terkini Amore)

    Alasan lain kenapa saya ingin mendapatkan buku ini adalah respon dari pembaca di Goodreads yang menyukai buku ini. Saking penasarannya dengan novel Falling ini, saya mencoba search di Goodreads dan banyak teman – teman di Goodreads yang bilang kalau alur ceritanya dan konfliknya pas untuk tema yang diusung dan mereka suka dengan gaya bercerita mbak Rina. Bahkan ada yang bilang kalau ini adalah novel bertema LGBT terbaik yang pernah dia baca. Meskipun ada beberapa yang terkecoh dengan penggunaan nama Carly dan Meggie juga ketidaksukaan mereka dengan tokoh Carly yang egois dan menyebalkan.

    Lalu melalui review ini pun saya kembali diyakinkan kalau novel ini memang patut untuk dicicipi.

  42. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Twitter : @n0v4ip
    Link share : https://twitter.com/n0v4ip/status/671699879551340544

    selain karena covernya yang eye catching, alasan lain kenapa saya ingin mendapatkan novel ini krn
    setau saya novel Falling merupakan novel pertama yang bertema “L” LGBT yang ditulis oleh penulis Indonesia. sebelumnya saya belum pernah membaca cerita-cerita dengan tema “L”, biasanya didominasi “G” dan tak jarang cerita-cerita dengan tema seperti ini membuat saya jengah. Tapi dari review serta penuturan mbak Rina mengenai latar belakang novel ini meyakinkan saya kalau novel ini tidak akan membuat saya jengah dan semakin menyulut api penasaran dalam diri saya. semoga
    berjodoh dengan giveaway dan novelnya 😀

    Terima kasih ^^

  43. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta

    Sebelumnya belum pernah baca novel karya mbak Rina, jadi pengin berkenalan lewat novel Falling ini.
    Tema yang diangkat juga cukup berani dan merupakan warna baru di genre romance Indonesia. Novel yang terakhir aku baca juga tema LGBT, yg G ditulis oleh penulis laki-laki dan aku cukup nyaman membacanya jadi kurasa juga sama jika baca novel ini. Aku sih ngebayanginnya novel ini nggak akan banyak mengekspos yg tidak seharusnya itu, terlebih kedua tokohnya perempuan dan penulis juga perempuan. Jadi ciri khas cewek yang cerewet, mudah bimbang, emosian dsb juga ada disini. Berharap bisa ikut baca, novel label Metropop bagus-bagus nih :))

  44. Nama : Ken
    Email : kenastridd@gmail.com
    Twitter : @orion____
    Link Share : https://twitter.com/orion____/status/671733829313290241

    Mengapa kamu ingin mendapatkan novel Falling?
    Alasannya sederhana 🙂
    Sejak lama saya tertarik dengan isu LGBT. Dengan mulai bermunculannya karya-karya yang mengusung tema seperti ini, saya semacam penasaran dengan bagaimana para penulis memaparkan opini mereka tentang LGBT. Bagaimana mereka mengolah tema yang masih dianggap tabu ini sehingga bisa menjadi sebuah cerita yang ditawarkan dengan berani pada masyarakat luas.

    Biasanya sih saya lebih seringㅡdan lebih sukaㅡmembaca boys love. Tapi kali ini ingin mencicipi cerita tentang girls love juga, dimulai dari “Falling” ini 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s