[Ask Author & Giveaway] Gravity – Rina Suryakusuma

[GRAVITY BLOGTOUR] AskAuthor Banner

 

Berlanjut dari rangkaian blogtour kemarin, jika tahun lalu Rina Suryakusuma pernah saya tanyai sedikit mengenai “Falling”, maka  kali ini dalam rangka mempromosikan buku terbarunya, Rina Suryakusuma kembali menjadi bintang tamu yang bakal saya wawancara mengenai “Gravity” yang terbit di bulan Februari.

Seperti yang telah saya ulas, “Gravity” bukanlah novel roman Metropop yang hanya mementingkan romansa. Dalam tulisannya Rina Suryakusuma, selalu punya gaya eksekusi yang baik dan juga pesan moral yang kental tentang hidup. Oleh karena itu, dalam kesempataen kali ini, yang ingin saya tanyakan kepada penulisnya, adalah proses kreatif (khususnya ketiga tokoh yang memiliki pekerjaan menarik) dan pesan apa yang ingin coba Rina Suryakusuma sampaikan lewat novelnya.

 

  1. Dalam “Gravity”, Kak Rina mengangkat tema pernikahan sebagai salah satu latar belakang ceritanya. Nah, saya penasaran, bagimana definsi pernikahan bagi Kak Rina sendiri?

 

Nah, walaupun pertanyaannya simple, tapi jawabannya… luar biasa yah 😉

Karena menurut saya, tak ada penjelasan eksakta dari buku mana pun untuk menjawab pertanyaan ini…

Jadi kalau saya gambarkan: Pernikahan itu lebih rumit dari sekadar cinta yang bersatu. Pernikahan mengandung banyak konsekuensi — ada yang menyenangkan (pastinya), tapi ada juga yang bikin kamu sebal, dan itu ibarat tiket satu arah.Kamu bisa pergi, tapi tak bisa kembali. Karena itu saran saya (yang ceritanya udah lebih pengalaman nih :p), yakinlah dulu pada hati kalian, sebelum melangkah melalui gerbang yang satu itu.

Pernikahan juga tidak mudah, karena menikah berarti… harus bersedia membuka hati dan berkompromi dalam banyaaaak sekali hal. Mulai dari yang super remeh seperti, ‘mau makan apa kita malam ini?’ :p, sampai yang super penting seperti ‘mau beli rumah di daerah mana, ya?’

Hal-hal yang bikin kita gak leluasa seperti dulu dalam memutuskan, dan perlu perdebatan yang — walaupun masalahnya terkesan sepele, tapi kalau kitanya gak dewasa, bisa jadi musuhan kayak anak SD 😀

 

  1. Apa yang memotivasi Kak Rina dalam menulis tema tersebut? Apakah “Gravity” didasarkan pada pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain?

 

Sebenarnya tema besar Gravity bukanlah tentang pernikahan.

Pernikahan adalah sesuatu yang Cee (tokoh utama novel Gravity) lakukan, ketika hatinya sudah berdamai dan sudah bisa menjatuhkan pilihan. Ketika menulis, hal yang terbayang di benak saya tentang Gravity ini adalah cerita mengenai sebuah pilihan. Tentang seorang gadis yang berdiri di persimpangan, dan harus menentukan ke arah mana dia melangkah. Dan setelah pilihan itu dia ambil, tak ada jalan kembali.

Seperti Falling, Gravity saya buat karena tokoh Cee itu muncul di pikiran saya. Lalu saya mengerti bahwa dia sedang bimbang dan perlahan cerita tentang dia mulai mengalir.

Lalu, terbentuklah plot dasar novel ini.

 

  1. Hal yang menarik bagi saya dalam “Gravity” adalah karakter para tokohnya dan pekerjaan mereka. Saya ingin bertanya, mengapa memilih pekerjaan photo editor, fotografer, serta business analyst sebagai pekerjaan tiga tokohnya? Apa yang membuat Kak Rina terinspirasi untuk menciptakan tokoh-tokoh tersebut?

 

Khusus untuk photo editor, saya tertarik dengan pekerjaan sepupu saya yang adalah seorang photo editor 🙂 Jadi saya banyak tanya ke dia untuk background kisah Cee.

Sejak awal saya sudah tahu bahwa Cee akan jatuh hati pada si fotografer, karena memang sepertinya photo editor dan fotografer itu berjodoh ya :p Tapi ketika menyangkut pada komitmen yang lebih serius, maka perlu karakter yang berbeda untuk menandingi si fotografer yang nomaden. Karakter yang akan bikin Cee goyah.

Sisi lain yang membuatnya jadi bimbang. Jadi harus ada seorang pria serius, dengan jabatan serius, dengan tekad yang tak kalah serius, muncul di arena kompetisi yang awalnya didominasi oleh si fotografer itu. Si Business Analyst yang berjuang untuk membuatnya bahagia.

 

  1. Dalam mendalami penokohan ketiga tokohnya, apa Kak Rina perlu belajar secara khusus mengenai tiga bidang pekerjaan tersebut?

 

Tentang photo editor dan fotografer, saya banyak belajar dari sepupu saya sendiri. Yang saya harus banyak riset melalui internet adalah profesi Business Analyst.

 

  1. Dari dua novel karya Kak Rina yang pernah saya baca (“Gravity” & “Falling”), latar yang diambil masih berada di Indonesia. Jika di novel selanjutnya, Kak Rina berkesempatan menulis novel dengan latar di luar negeri atau kota yang asing, kira-kira Kak Rina tertarik untuk mengambil setting negara apa?

 

New York 🙂 Rasanya kota itu romantis ya… Kota yang tak pernah tertidur.

 

Wah, menyimak jawaban Kak Rina tentang ‘pernikahan’, saya rasa, saya tahu mengapa perihal memilih pasangan hidup menjadi perihal yang rumit, seperti saat menggambarkan Cee yang bimbang, kira-kira laki-laki mana yang bakal pas untuk menjadi teman hidupnya. Dan untuk jawaban terakhir Kak Rina, um, saya berharap latar tersebut benar-benar disulap menjadi naskah selanjutnya lho.

 
CagpqBEUsAE88AX

 

Selanjutnya, daripada berlama-lama, sekarang lebih baik saya membuka sesi giveaway yang pastinya sudah ditunggu oleh teman-teman semua. Syaratnya seperti biasa:
  1. Event ini hanya untuk teman-teman yang berdomisili di Indonesia.
  2. Follow twitter @RinaSuryakusuma dan @frostbitiggy
  3. Share link giveaway ini di timeline Twitter dengan hashtag #MetropopGravity. Mention @RinaSuryakusuma dan @frostbitiggy
  4. Dan jawab pertanyaan ini di kolom komentar dengan menuliskan nama, email, dan akun twitter:

Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya 🙂

  1. Event giveaway ini hanya berlangsung selama enam hari, yaitu: 29 Februari 2016-5 Maret 2016.
  2. Satu orang yang beruntung bakal mendapatkan buku “Gravity”  gratis.
  3. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 6 Maret 2016.

Semoga beruntung 🙂

 

Advertisements

39 thoughts on “[Ask Author & Giveaway] Gravity – Rina Suryakusuma

  1. Kalau saya menjadi Cee, saya lebih memilih Declan, karena memilih Declan artinya meneguhkan hati untuk tidak berkhianat, karena memilih Declan juga artinya adalah memilih untuk menjadi pasangan yang tegar menghadapi cobaan, karena cinta akan tumbuh ketika senantiasa dipelihara.

  2. Nama: pramestya
    Email: pramestya23@gmail.com
    Twitter: @p_ambangsari

    Kalau saya jadi Cee, saya milih Bernard. Karena katanya, orang spesial akan tergantikan oleh orang yang selalu ada. Jadi saya pilih Bernard, karena dua fakta bahwa dia sering menyapa Cee di lantai lima dan selalu membuat Cee merasa aman.

    Mungkin Cee memang cocoknya sama Bernard, beda profesi membuat hubungan lebih banyak kejutannya nggak kalah sama si Declan, jadi lebih asyik. (Pemikiran anak ABG ini mah)

    Karena Cee ini perempuan dewasa, sudah sepantasnya ia merancang kehidupan bersama (pernikahan), jadi menikah dengan Bernard adalah pilihan yang semoga tepat.

    Yang terakhir, karena Cee sudah berusaha percaya pada Bernard. Kepercayaan kunci kesuksesan sebuah hubungan, bukan? #TeamBernard haha

    Terima kasih, semoga dapat mencicipi karya kak Rina lagi. *Ketagihan*

  3. Nama; Asha
    Email; asabianglalaeureka@gmail.com
    Twitter; @asabianglala

    Kalau saya adalah Cecila, saya akan memilih Declan. Kenapa?
    Satu, kalau saya pernah sangat bahagia dengan semua kejutan dari Declan untuk saya, meski perlahan perasaan itu hilang untuk beberapa waktu terakhir, saya yakin perasaan itu bisa muncul lagi. Bagaimana pun juga, bosan dan jenuh itu wajar dan manusiawi.
    Dua, sebagai orang pekerjaannya cukup sibuk dan harus mengejar momen, Declan tidak pernah melupakan saya. Dia tetap mengirimkan kejutan dan barang-barang dari setiap tempat yang ia kunjungi. Bukankah itu artinya, ia mengingat saya meski sibuk dengan pekerjaan? Bahwa saya masih memiliki porsi cukup besar dalam benaknya. Saya yakin, kalau dia bisa, dia pasti ingin mengalami hari-hari di tempat baru bersama saya, supaya cerita yang dia sampaikan lewat kirimannya, bisa saya rasakan dan saya alami langsung.
    Tiga, Bernard muncul di saat yang tepat yaitu ketika saya butuh orang untuk menghibur dan menggantikan absennya Declan. Tapi, siapa yang bisa menjamin, nanti kalau Bernard dapat tugas bekerja di luar kota atau luar negeri, saya tidak akan jenuh seperti apa yang saya alami dengan Declan? Jarak antar pasangan bukan melulu soal kilometer, duduk bersampingan pun, kalau memang ada celah antara kedua jiwanya, bisa terasa seperti di dua galaksi berbeda. Saya tidak ingin kalah dari jarak yang memisahkan antara saya dan Declan. Kehadiran Bernard, adalah ujian. Ketidakadaan Declan, adalah ujian. Kalau saya tidak bisa teguh dengan perasaan saya, tidak bisa kukuh memegang hati Declan yang dititipkan pada saya, sepertinya saya tidak layak mendapatkan Declan ataupun Bernard. Intinya, saya harus belajar setia karena jarak, seharusnya tidak membuat kita putus asa. Jarak dan ketidakadaan seharusnya menumbuhkan rindu. Cecila harus bisa mengingat ulang, apa yang membuat ia jatuh cinta pada Declan, dan mengingatnya setiap hari, alasan apa yang selama ini membuatnya bertahan. Karena menikah berarti jatuh cinta pada orang yang sama setiap harinya. Bukan jatuh cinta karena kita merasa orang jenuh pada cinta yang lama.

    HASHTAG TEAM DECLAN!!

    (Wadalah saya kok malah nulis cerpen huhu maafkan.)

    P.S: Aku coba-coba ikut giveaway dan ini pertama kalinya. Mohon maklum atas ketidakprofesionalan dalam prosesnya. Terima kasih banyak!!!! ^ w ^

  4. Nama: Arie E. Pradianita
    e-Mail: ariepradianita@gmail.com
    Twitter: @APradianita

    Saya akan memilih Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana, karena:

    MENIKAH, membina rumah tangga dan hidup bahagia bersama pasangan yang dicinta tentu menjadi impian dari setiap orang. Saya pun punya impian seperti ini. Tentunya, teman-teman juga memiliki impian seperti ini bukan? Pada dasarnya, pria atau kekasih yang serius dengan hubungan kita akan berusaha membahagiakan kita dengan maksimal. Ia juga telah memiliki pandangan masa depan yang terencana untuk kelanjutan hubungan kita di masa depan. Pria yang serius dan benar-benar cinta pada kita, ia akan memperjuangkan kita dengan maksimal meski ada banyak rintangan yang harus kami hadapi. Meski begitu, tidak jarang kita bertemu dan menjalin hubungan asmara dengan pria yang hanya main-main dengan hubungan. Ia bahkan tak pernah serius dengan hubungan yang sedang dijalani. Saat usia sudah sama-sama matang, ada seribu bahkan sejuta alasan bagi kekasih untuk menunda pernikahan. Saat ditanya kapan datang ke rumah dan meminta izin ke orang tua untuk meminang, tak jarang ia mengalihkan topik pembicaraan dan seakan menutup rapat telinganya.

    Kebanyakan perempuan cenderung jatuh cinta kepada pria yang sulit untuk dimiliki, seperti jatuh cinta kepada pria yang sudah beristri & berharap pria ini menceraikan istrinya lalu menikahi perempuan tersebut; jatuh cinta kepada pria yang suka selingkuh & berharap pria ini akan berubah karena ketulusan cinta&pengorbanan perempuan tersebut; jatuh cinta kepada pria yang menyukai kebebasan & suka melanglangbuana sekehendak hatinya seorang diri dalam jangka waktu yang lama seperti Declan sang Fotografer yang penuh kejutan. Saya YAKIN, Cee akan bahagia bersama BERNARD! Ibarat peribahasa: Gajah di pelupuk mata tidak terlihat, semut di seberang Samudera terlihat. Bernard selalu setia mendampingi Cee dalam suka & duka, namun Cee tidak sadar & senantiasa memikirkan Declan yang diibaratkan seperti burung yang terbang bebas sesuka hatinya meninggalkan sarangnya & tidak tahu kapan akan kembali.

  5. Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com

    Jawaban:

    Kalo aku jadi Cee, aku bakalan pilih Bernard sang Business Analyst. Why? Karena profesi Business Analyst itu kan profesi yang membutuhkan ketelitian dan keseriusan. Jadi biasanya orang yang berprofesi seperti itu akan sangat memperhitungkan dengan matang setiap aspek hidupnya, terencana, apa targetnya, tujuannya, termasuk komitmen. Tipe orang seperti ini juga tidak akan sangat menghargai apa yang dimilikinya, apa yang dicapainya dan tentunya akan sangat menjaga segala sesuatu di hidupnya. Buatku itu bisa jadi jaminan dan tentunya rasa aman. Selain itu Bernard pantas dipilih karena dia itu perhatian. Why? Terbukti Bernard selalu menyapa Cee walau dari lantai 5. Bukankah setiap wanita ingin diperhatikan? Dia selalu kasih perhatian tanpa kita sadari. Istilahnya si Bernard ini romantis dengan caranya sendiri.

    Terima kasih.

  6. Nama: Kitty
    alamat e-mail: kitty.wibisono@gmail.com
    akun twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/704503485568413696

    Jawaban:

    Karena aku termasuk orang yang adventurous, maka kalau aku berada dalam posisi Cee, sudah pasti aku bakalan milih Declan! Memang sih, menikah itu adalah hal yang sangat serius dan kalau bisa hanya 1x seumur hidup, tapi bukan berarti harus mengecilkan Declan yang memang tipe petualang. Menurutku, dengan memutuskan sehidup semati dengan Declan, itu berarti kemungkinan terbesar aku dan dia akan berbagi petualangan-petualangan seru dan sudah bisa dipastikan kehidupan pernikahan kami akan penuh warna dan tidak menjemukan.

    Selain itu, Declan adalah orang yang selama ini memang sudah memperlakukanku dengan begitu istimewa. Penuhnya meja kerjaku dengan pernak-pernik kiriman dari Declan membuktikan bahwa sekalipun ia sering kali bepergian, ia tetap mengingatku dimana pun ia berada. Buatku hal ini lebih dari cukup untuk meyakinkan bahwa hatinya memang milikku.

    Karena pekerjaan kami juga sejalan, maka aku juga akan mengajak Declan untuk berkolaborasi agar dapat menghasilkan karya yang lebih baik lagi dan bila perlu kami akan berusaha menjadi sebuah tim yang solid dan profesional sehingga banyak klien yang akan meminta kami bekerja sama. Jika hal ini dapat terlaksana, berarti aku dan Declan akan punya waktu kebersamaan yang lebih banyak lagi, sekalipun untuk bekerja.

    What can I ask for more than being together with the one I loved most of the time? >.<

  7. nama :Mukhammad Maimun Ridlo
    email : maimun_ridlo@yahoo.com
    akun twitter : @MukhammadMaimun

    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya 🙂

    Saya akan memilih Declan yang penuh kejutan.
    Selain karena profesinya yang fotografer yang berarti suka jalan-jalan (pasti kan diajak), dia juga sosok yang penuh kejutan. Dan aku sangat suka kejutan (kejutan yang baik tentunya). Dan aku orangnya tidak suka terikat pada sesuatu seperti rencana.

  8. Nama : Asri Rahayu MS
    Email : peekthebook@gmail.com
    Twitter : @princessashr

    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya

    Ehmm.. aku sih kalau disodorin pilihan kayak gini, pastilah bakalan milih Declan. Because Life is never flat :). Walaupun memang menikah itu membutuhkan perencanaan yang matang, tapi, seseorang yang penuh kejutan bakalan bikin hidup kita berwarna kok. Nggak monoton yang jelas. Nggak hitam putih tapi warna warni. Orang yang penuh kejutan juga bisa kok merencanakan segala sesuatunya dengan sangat rapi dan terencana bahkan akan terlihat sangat indah dan apik tentunya. Selain itu, berhubung aku suka banget sama yang namanya fotografi, itu akan membuat kami berdua bisa saling melengkapi. Bisa jadi, nanti suatu saat, kami membuat pameran fotografi hasil karya kami berdua #tsaaahhh.

  9. Nama: Nyi Penengah Dewanti
    Twitter: @nyipenengah
    Domisili : Kaliwungu
    Link SHARED: https://twitter.com/NyiPenengah/status/704605720633810944

    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya

    Jawab : Pilih Bernard. Karena lelaki yang memiliki kehidupan selalu terencana membuat kita lebih menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan dengan hal yang nggak berguna.

  10. Nama : Faiz Istighfara
    Email : faiz.istighfara@gmail.com
    Twitter : @lisyaann

    “Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya”

    Aku akan lebih memilih Bernard. Jujur saja sih aku termasuk orang yang nggak mau dan terlalu takut untuk keluar dari zona nyamanku. Dengan Declan, akan ada banyak kejutan tak terduga dari dia. Akan ada banyak peristiwa yang mungkin akan terlalu mengangguku. Membuatku merasa asing dan tak nyaman. Tapi dengan Bernard yang selalu terencana dan stabil, mungkin lebih mampu membuatku nyaman dan bertah untuk selalu bersamanya. Lagipula Declan adalah seorang fotografer yang hobi pergi kesana kemari. Membuat waktu untuk bersama ku pasti sangat terbatas. Tapi dengan Bernard, yang seorang business analyst, pasli memiliki waktu lebih banyak untuk orang yang dicintainya.

  11. Nama : Dhamar Safitri
    Email : dhamar.wu@gmail.com
    Twitter : @dhamarsafitri

    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya

    “Untuk menuju ke jenjang pernikahan yang lebih serius, aku akan lebih memilih Bernard yang lebih terencana dan stabil. Dalam pernikahan pasti ada banyak masalah-masalah yang harus diselesaikan dengan pertimbangan matang, walaupun hasilnya bukan yang paling baik, namun paling tidak itu hal yang terbaik yang bisa dipikirkan. Bernard yang seorang Bussiness Analyst akan berusaha memikirkan dan menyelesaikan masalahnya dengan matang. Dengan Bernard kehidupan pernikahan akan lebih normal, dibandingkan dengan Declan yang penuh kejutan tak biasa.
    Untuk urusan romantis, mungkin memang Declan lebih baik. Namun setiap orang akan romantis dengan cara-caranya sendiri, terutama untuk orang yang dicintainya. Begitu pula Bernard, ia memiliki caranya sendiri untuk membahagiakan dan memperhatikan Cee.

  12. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Declan, though he’s so far away, tapi dia tidak pernah lupa padaku dengan memberi berbagai kejutan. Cukup aku tahu seberapa setianya dia meski kami lama tak saling jumpa. Dia jauh, bukan berarti harus selalu dia yang menghampiriku, bukan? Kenapa bukan aku saja yang sekali-sekali mengunjunginya di sana? I think it’s gonna be fun. Dia suka sekali memberiku so many surprises, and now it’s my turn.

    Mengarungi hidup dengannya kelak sama dengan berpetualang. Aku tidak takut hubungan kami akan hambar. Jarangnya pertemuan kadang membuat cinta semakin kuat karena adanya rindu yang terus terpendam, menuntut untuk dituntaskan. Jika dia bisa menjaga keberadaanku tetap ada di hatinya, kenapa aku tidak? 🙂

  13. Nama: Muthia B
    Email: muthia_batari@yahoo.com
    Twitter: @tiarizee

    Ini bukan masalah setinggi apa nyali untuk keluar dari comfort zone kita, bukan masalah jarak yang membentang, bukan juga masalah keinginan untuk mempunyai hidup yang lebih berwarna, tapi ini masalah keberadaan seseorang yang kita harapkan selalu ada di sisi kita. Karenanya jika aku di posisi Cee, aku akan memilih Bernard. Memang, dengan bukti kiriman barang yang langsung dikirim Declan dari tempat-tempat yang ia kunjungi, itu berarti aku masih ada andil besar dalam kehidupan dia dengan kata lain dia masih memikirkanku. Namun tak bisa dipungkiri kan, kalau yang ngasih kita kejutan itu lama kelamaan bakalan kalah dengan yang selalu ada untuk kita. Walaupun ‘sesuatu’ ataupun ‘orang’ yang memberikan kejutan itu memang terkadang harus ada dalam hidup kita, namun kenyataannya orang yang selalu ada untuk kita itu keberadaannya lebih penting. Hal yang paling menyedihkan itu adalah, saat kita punya banyak cerita untuk diceritakan tapi kita nggak tahu sama siapa kita harus berbagi cerita itu. Disitulah titik dimana aku pikir dengan memilih Declan, sama saja aku akan menyakiti hatiku secara perlahan walaupun kesetiaan itu masih ada, namun keberadaan seseorang tentu saja tak akan tergantikan dengan apapun, termasuk ‘barang’ yang dikirimkan Declan. Apalagi ini masalah jarak. Walaupun ia disana masih mengingat bahkan mencintaiku, namun apakah yang disana tahu dan peduli akan hal sentimentil ini? kalau aku juga butuh dia disini, walaupun hanya sekedar untuk mendengar keluh kesahku.

  14. Nama : Tri
    E-mail : triwahyuni.irawan3@gmail.com
    Twitter : @tewtri

    Kalau saya jadi Cee saya bakal pilih yang mana?

    Atas pertimbangan a dan b saya lebih tertarik ke Declan. Bukan berarti laki-laki macam Bernard tidak asik untuk jidakan pendamping hidup. Dia terencana, punya hidup teratur, serius yang sepertinya mustahil untuk tidak mampu bersikap dewasa. Tapi, entah itu kehidupan pernikahan atau jalan hidup mana pun jelas fluktuatif. Dan bagi saya bila di posisi Cee, punya seseorang yang bisa dilihat setiap hari, melewati setiap harinya dalam kawasan yang sama. Berada dalam pantauan, keberadaannya benar-benar membuat saya merasa aman dan tidak sendiri. Declan itu penuh kejutan. Hidup bareng dia mungkin bukan cuma hitam-putih. Laki-laki yang langka dan patut dipertahankan saat sudah di genggam.

  15. Nama : Pida Alandrian
    Email : shafrida.alandrian@gmail.com
    Twitter : @PidaAlandrian92

    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya

    > Aku akan memilih Bernard.
    Kenapa?
    Karena menurutku hidup itu bukan untuk di jadikan kenangan. Seperti yang dilakukan oleh Declan setiap dia bertualang dgn aksi fotografernya ia akan memberikan kejutan-kejutan romantic dari Negara-negara yang dia kunjungi. Oh ayolahh ini kehidupan. Walaupun Declan tiba-tiba datang untuk melamar ke jenjang serius, siapa yang menjamin kalau dimasa depan dia bakal berkunjung ke Negara-negara petualang selanjutnya untuk kegiatan fotografernya. Karena fotografer udah menjadi bagian hidupnya udah kesukaannya. Pasti susah untuk membagi antara fotografernya dan masa depan pernikahannya. Hidup itu bukan untuk dibawa berpetualang.
    Kalau Bernard, walaupun hidupnya penuh dengan rencana-rencana setidaknya masa depan dengan Bernard itu sudah sangat jelas. Karena aku percaya setiap orang itu memiliki rencana sendiri untuk kehidupan masa depannya. Mungkin bagi orang lain sosok seperti benard itu orang kaku, tapi percayalah orang-orang yang seperti Bernard lah yang di cari untuk masa depan. Karena jika ada permasalahan sosok seperti Bernard ini akan menyelesaikan dengan kepala dingin, tidak mudah emosi, sosoknya terkendali.
    Walaupun Bernard tidak menampakkan langsung bahwa ia romantic, tapi percayalah bahwa orang seperti Bernard ini memiliki cara tersendiri untuk membuat hal-hal romantic. Dan biasanya romantic ala Bernard lebih membuat kita deg-degan dari pada romantic ala Declan.

    Sekian
    Salam Pida Alandrian

  16. Nama : Hikmawati Cahyaning Tyas
    Email : tyashc@gmail.com
    Twitter : @tyashc

    “Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya”

    Sebagai Cee, aku akan memilih Ceclan sang Fotografer yang penuh kejutan. Kehidupan pernikahan adalah hal serius yang akan dijalani seumur hidup. Memillih pasangan hidup bukan hanya yang serius mencintai Cee, tapi juga menyenangkan dan penuh kejutan.

    Wish me luck 🙂

  17. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Email : agathavonilia@gmail.com
    Twitter : @Agatha_AVM

    Aku lebih memilih Bernard, Business Analyst. Hidup memang butuh kejutan biar nggak stress sih. Menurutku tidak hanya seorang Declan yang dapat memberikan sebuah kejutan, Bernard pun bisa. Kalau seseorang sudah menemukan tambatan hati, apapun akan mereka lakukan malah kejutannya akan lebih luar biasa dan bikin jatuh kepayang bukan main. Buktinya Bernard mampu meluluhkan hati Cee. Tidak salah kalau aku memilih Bernard. Pekerjaan mapan, segalanya terurus dengan rapi, aku pun bisa belajar sedikit tentang Business Analyst padanya. Aku butuh seseorang yang selalu ada di sampingku dan mengayomiku juga. Bukan seseorang yang datang dan pergi begitu saja. Bagaimana kalau setelah pernikahan dia tetap datang dan pergi begitu saja? Komitmen memang sudah terbentuk dan disepakati, dalam hidup menjalani suatu komitmen bukanlah hal yang gampang dan harus saling mengorbankan sesuatu karena aku tidak lagi hidup sendiri. Aku hidup bersama seseorang yang telah aku yakini bahwa bersama dia di masa depan aku dapat menjalani kehidupan lebih baik dan membangun sebuah pondasi keluarga baru yang kokoh bersamanya.

  18. nama: emma
    email: amrelisha(at)gmail(dot)com
    akun twitter: @emmanoer22

    Pertanyaan:
    Jika kamu
    berada di
    posisi yang
    sama
    dengan Cee,
    pria
    manakah
    yang bakal
    kamu pilih?
    Declan sang
    Fotografer
    yang penuh
    kejutan atau
    Bernard sang
    Business
    Analyst yang
    selalu
    terencana?

    Jawaban: kalau diposisi Cee aku akan pilih Declan pria penuh kejutan dan ceria. Aku punya kepribadian hampir mirip Bernard orang yang serius dan terencana tentu saja butuh seseorang yang berkebalikkan dengan itu, akan membuat hidup lebih bewarna.

  19. Nama : Restu Ummu Adzaniar Solikhah
    Email : restuummu@gmail.com
    Twitter : @restu_ummu

    Jika saya berada di posisi Cee, saya akan memilih Bernard. Kenapa?

    Bernard seorang Business Analyst, ia mempunyai pekerjaan yg sgt mapan, menjadi seorang Business Analyst itu berarti ia merupkn pribadi yg terencana, slalu brfikir ke msa depan, dn tentunya konsisten. Cee yg selalu merasa aman trhdap Berndard., Pasangan hidup dimana mereka mrasa aman dn nyaman satu sma lain, itu dpat menjga kharmonisan rumah tangganya. Bernard sgt pantas dijadikan sbg pndamping hidup Cee.

  20. Nama : Daivara Rezuki Wijaya
    Email : dairezuki@gmail.com
    Twitter : @aulyarzky

    Jika saya berada di posisi Cee, saya akan memilih D for Declan. Saya memilihnya karena inisial nama kami sama 😁 tapi selain itu, saya berpikir bahwa jika saya memilih Bernard, saya akan menyesal di kemudian hari. Terkadang cinta itu goyah karena angin dan cinta itu bagaikan pasir di pantai, tersapu terbawa air laut. Jika pasir itu bertahan dan tidak mengikuti air laut, maka ia masih dapat melihat sang mentari. Namun jika pasir itu mengikuti air laut, ia akan terjerembab kedalam samudera yang luas. Ia tidak akan melihat mentari lagi, ia tidak akan merasakan kehangatan lagi, justru dingin yang akan merasuki setiap jiwanya.

    Terkadang ada rasa ‘Jenuh’ di dalam suatu hubungan dan membuat kita mencari pelarian yang mampu membuat kita tak merasa jenuh. Tapi jika rasa jenuh itu hilang, maka kita akan kembali, kembali kepada cinta kita yang sesungguhnya.

    Declan juga merupakan seorang fotografer, siapa tahu jika kami menikah, kami tidak perlu menyewa fotografer lagi? Nanti saya yang berpose, ia yang memfoto:v nah Declan juga menurutku seseorang yang setia, dia merupakan seorang Traveller juga kan? Terkadang banyak wanita di kehidupan seorang traveller, ia akan bertemu wanita yang pastinya jauh lebih baik dari diri Cee sendiri, ataupun diri saya:v tapi dia memilih untuk berkomitmen dan jujur agak sedikit melting ketika membaca reviewnyaT_T nah berhubung saya juga sangat suka travelling walaupun masih travelling di keliling komplek rumah:3 kan cocok tuh menghabiskan waktu bersama Declan wehehe 😅

    Declan juga terus menjaga cintanya pada Cee atau diri saya :3 mengapa saya harus mengkhianati cintanya? Saya tidak mau jika nanti seorang pria sebaik Declan saya sia-siakan dan akhirnya akan menyanyikan lagu butiran debu-_- Dan sebenarnya saya memilih Declan karena saya sangat suka di foto XD terkadang jika saya mengambil foto teman saya, hasilnya bisa di sandingkan dengan fotografer internasional:v tapi jika teman saya mengambil foto saya, terkadang saya merasa sedih. Hasilnya burem, pecah-pecah dan tak beraturan 😭 atau mungkin wajah saya memang tak beraturan huhu 😂 Nah di sini saya akan menjadikan Declan sebagai pendamping hidup sekaligus fotografer pribadi saya ☺️ Declan sang fotografer dan Dai sang model maut:v

    Terkadang yang awal itu baik namun di sia-siakan. Sebelum menyesal, saya akan memilih seseorang yang memang cinta kepada saya.

    Sekian dan terima kasih:)

  21. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta

    Kalau aku jadi Cee, aku akan memilih Declan. Aku membayangkan hidup Cee itu sangat teratur, dipenuhi dengan deadline dan mungkin terus menerus berhadapan dengan gadget. Hidupnya akan cenderung membosankan.
    Bukankah dalam hubungan perlu segala sesuatu yang melengkapi dan menyeimbangkan kita? Jika bersama Bernard, sepertinya mereka akan hidup dengan keteraturan dan tanpa variasi. Padahal menurutku, Cee perlu perlu seaeorang yang dinamis, yang penuh kejutan, hidupnya tidak terencana tapi tetap serius dan bertanggung jawab. Bersama Declan, hidup Cee akan lebih berwarna dan tentu saja, seimbang.

  22. Nama : Erin
    Email : tomoyo.rin@gmail.com
    twitter : @Riinn___

    Pertanyaannya sulit ka. kalau di pandang dari dua sisi yang berbeda maunya pilih dua-duanya. eh, tapi ga boleh ya ka. hehe
    Kalau aku jadi Cee, aku bakalan pilih Declan yang penuh dengan kejutan. Cee, pasti lebih bahagia dengan orang seperti itu, dan seorang fotografer tidak melakukan hal dengan terencana seperti Bernard. Justru orang lapangan seperti Declan biasnya segala sesuatunya sudah direncanaan, harus ini, harus itu, termasuk kejutan untuk Cee.

  23. Nama: A. Afifahtul Q.
    Email: afifahtul.qadriah@yahoo.com
    Twitter: pippo3399

    Jika ditanya seperti itu, saya terus terang punya dua jawaban yang berbeda. Karena jika saya memposisikan diri sebagai Cee, si photo editor, saya mungkin akan memilih Declan. Sekalipun dia jauh, rajin berpetualangan, hidupnya terlihat tak stabil, but I need him. Saya butuh orang yang mengerti apa yang saya kerjakan dan bicarakan, yang jika sewaktu-waktu saya terlihat pusing, dia tahu apa yang harus dilakukan untuk setidaknya mengurangi beban kesulitan saya dan begitu pun sebaliknya. Bagi saya bukan kejutannya yang super romantis itu yang bikin dia jadi pilihan tepat, tetapi tentang bagaimana dia bakal menjadi pendamping hidup tanpa banyak bertanya kenapa dan mengapa karena pekerjaan kami ada dalam satu lingkup yang sama. Saya tidak begitu suka pertengkaran sepele ala-ala anak labil hanya karena kesalahpahaman yg didasari kurangnya pengetahuan pada pekerjaan masing-masing.
    TAPI….
    kalau yang ditanya adalah saya, tentunya bakal milih Bernard. Saya tidak butuh kejutan, saya butuh orang terencana seperti Bernard. Yang sekalipun sibuk —mencari nafkah, setidaknya setiap malam bisa mencium dahi anak-anak kami sepulangnya dari kantor. Yang di akhir pekan bisa mengajak keluarganya berkumpul sekalipun hanya piknik di taman bermain kompleks tempat tinggal kami. Yang ikut serta merencanakan bagaimana hidup anak-anak kami selanjutnya.
    Menurut saya, pernikahan itu rumit. Bukan aku dan kamu saling cinta saja. Tapi tentang dua keluarga besar yang bersatu. Saya butuh pendamping yang bisa mengayomi serta memperhatikan keluarga besar kami. Saya tidak begitu membutuhkan kejutan untuk memenuhi lemari hias di rumah ataupun meja di kantor. Well, intinya saya butuh kejelasan dan kehadiran orang tersebut. Dimana “kejelasan” itu butuh perencanaan yang matang dan “kehadiran” itu tentu jauh dari image petualang.

    Panjang yaaaa hahaha. Dan kok kayak nggak nyambung gitu pertanyaan sama jawaban saya ya? Lol. Mohon maaf kalau karakter Declan dan Bernard yang saya bayangkan tak seperti di novel. Wish me luck! 😳

  24. Eris Andriani
    ayaseyis@gmail.com
    @RizAnNie88

    Saya akan memilih Bernard, hal ini semata bukan karena pekerjaannya sebagai Business Analyist. Tetapi karena Bernard selalu ada dan hadirnya selalu menciptakan rasa aman dan nyaman. Karena pada dasarnya setiap wanita menginginkan sosok pria yg selalu ada untuknya, membuatnya merasa aman dan nyaman, juga keseriusan untuk berkomitmen.
    Apalagi dia sangat terencana, setidaknya dia sudah berpikir jauh kedepan merencanakan berbagai hal untuk kebaikan dia dan keluarganya dimasa depan.

    Bernard : berkomitmen serius, selalu ada, hadirnya menciptakan rasa aman dan nyaman, terencana, masa depan oke. Jadi nikmat mana lagi yg kau dustakan hehehe

  25. Kalo jadi Cee, saya akan milih sama Declan si fotografer karenaaa hidup ini sudah pahit, nah kalo ada ‘pemanis’ semacam Declan yang penuh kejutan, pasti akan imbang. Walau kadang dia jauh, ndak selalu ada ketika saya butuh. Tapi saya tahu, kemanapun dia pergi, saejauh apapun dia melangkah, di hatinya cuma saya seorang.

    Nama: Dian Maya
    Email: dianmayasariazis@gmail.com
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/705681929224351744

  26. Nama: Leny
    email: lynnlenie7@gmail.com
    twitter: @Lenny1785
    kalau aku jadi Cee, aku pilih Bernard sang bussiness analyst yang selalu terencana. Kenapa? Alasannya simple kok, karena aku juga orang yang terencana jadi aku juga suka dengan orang yang terencana dan selalu teratur atau disiplin dalam melakukan/mengerjakan segala hal.

  27. nama: Noer Anggadila
    email: noeranggadila27@gmail.com
    akun twitter: @noeranggadila
    Aku pilih Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana, karena menurutku sesuatu yang itu lebih menarik daripada sebuah kejutan. Kejutan memiliki kemungkinan lebih besar untuk tidak terjadi daripada hal yang terencana. Jika sudah terencana, kita juga telah memiliki ancang-ancang selanjutnya jikalau rencana tsb tidak berhasil, rencana membuat kita semangat, memiliki motivasi untuk segera terwujud.

  28. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/706022552808763392

    Saya termasuk tipe yang suka dengan kejutan. Rasanya menyenangkan bisa mendapatkan kejutan setiap harinya. Dan kalau saya sih gak pernah bosan dengan semua kejutan itu. Apalagi sebagai pecinta gratisan saya suka dengan hadiah… haha *oke, yang ini abaikan*. Itu artinya saya pasti memilih Declan… 😀 Meski Declan ini berkeliling dunia untuk mengambil objek-objek untuk fotonya, tapi dia tidak pernah sedikitpun melupakan Cee, bukan? Terbukti dari setiap hadiah yang selalu ia kirimkan. Itu artinya Declan terus berusaha agar kekasihnya tetap menggapnya ada meskipun dia jauh ntah dimana. Apalagi saat dia meminta berkomitmen. Itu artinya sedikit banyak dia juga merasa sedih dan kepikiran dengan hubungan mereka kan?! Itu artinya Declan ini tipe cowok yang baik, penyanyang dan bertanggung jawab… 🙂 Semoga berhasil mendapatkan bukunya dan mengenal Declan lebih dalam…. hehe… 😀

    Terima kasih kak ^^

  29. Nama: Putri Prama Ananta
    Email: anantaprama@yahoo.co.id
    Twitter: @putripramaa
    Jika kamu berada di posisi yang sama dengan Cee, pria manakah yang bakal kamu pilih? Declan sang Fotografer yang penuh kejutan atau Bernard sang Business Analyst yang selalu terencana? Jangan lupa berikan alasannya ya
    Melihat jawaban dari Kak Rina tentang pernikahan di atas, aku menjadi sangat bingung. Ini pertanyaan sulit yang masing-masing pilihan akan memberikanku pukulan telak. Tapi, aku harus memilih salah satu sebagaimana nantinya aku akan memilih satu orang pria untuk menjadi pasanganku, bukan?
    So, aku memilih Declan.
    Karena … menikah bukan hanya tentang selalu hadir di kehidupan. Menurutku, bila cinta itu tulus, maka tak akan ada halangan berarti untuk saling mencintai. Cinta itu tentang rasa, bukan tentang suatu keberadaan meskipun tak pelak cinta dapat hadir karena keberadaan.
    Cinta itu nggak bisa nemplok begitu saja, seperti kehadiran Bernard yang tak menjanjikan akan hadirnya cinta, bisa juga karena keterpaksaan. Karena … menikah sama saja dengan menyerahkan kehidupan kita pada orang, melakukan pertalian kuat dengan mempertaruhkan hidup, maka pernikahan tak boleh dilakukan hanya karena faktor ‘selalu ada di dekatku’.
    Menikah (seperti yang Kak Rina sebut di atas) sama dengan memahami satu sama lain. Dan proses sebelum menikah itu tidak selamanya diliputi dengan kebahagiaan saja. Salah satu yang menjadi cobaan adalah jarak tadi. Contohnya adalah kehadiran Declan ini. Meskipun Declan sering bepergian demi mendapatkan momen yang bagus dalam memotret, Declan masih ingat pada Cee, Declan masih menyadari pentingnya keberadaan Cee dengan memutuskan untuk membuat suatu komitmen dengan Cee. Jika hanya karena ketidakhadiran Declan di sekitarnya, Cee memutuskan untuk memilih orang lain, maka jika dilogikakan Cee juga akan meninggalkan setiap orang yang meninggalkannya dan akan ada lebih banyak orang yang tidak cocok pada Cee ini. Karena ya … setiap orang tidak mungkin untuk selalu ada di dekat Cee.
    Melihat pekerjaan Cee yang merupakan seorang photo editor, maka tentu korelasi hubungan pekerjaan mereka (Cee dan Declan) lebih terjalin. Pekerjaan Cee yang merupakan photo editor bisa dilakukan di dekat Declan, kok. Selain itu, jika Cee memilih Declan, Cee akan survive di kehidupannya (selain terkadang harus berpisah), Cee juga bisa sekalian menikmati indahnya dunia bersama Declan. Menikmati indahnya dunia bersama pasangan itu ide yang menarik banget loh.
    Oh ya, lagipula, Declan nggak mungkin jadi bang toyib untuk waktu yang lama, kan? Declan pasti kembali ke sisi pasangan, nggak mungkin juga kan kalau Declan nggak pulang-pulang setelah dia berkomitmen. Oleh karena itu, dengan ajakan berkomitmen itulah, Declan tahu bahwa menikah itu sama saja menautkan kehidupan satu dengan kehidupan lain, dll. Declan pastilah mengerti dengan risiko berkomitmen tersebut.
    Kesimpulannya, jika aku menjadi Cee, aku akan memilih Declan.
    Hmmm, terima kasih untuk giveawaynya, Kak. 🙂

  30. Kartika
    Email: kartikahoshino@gmail.com
    Twitter: @hoshinotika

    Pilihan-piihan sulit akan selalu muncul dalam hidup kita, untuk meneguhkan hati dan memantapkan jiwa kita. Dan untuk menentukan pilihan yang tepat, hanya hati yang mengetahuinya dengan baik.
    Dan kalau aku jadi Cee, aku tetap memilih Declan.
    Bernard boleh saja selalu ada untukku, memiliki pekerjaan yang menjanjikan. Tapi apakah itu yang aku butuhkan? Lalu bagaimana dengan alasan pertama aku menjalin cinta dengan Declan? Harus kah kisah menyenangkan hanya diakhiri dengan materi dan ego semata?

    Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit, apalagi dengan munculnya seseorang di samping kita yang begitu peduli. Hati bisa saja goyah. Tapi jika kita menilik lagi perjalanan cinta kita dahulu. Hadirnya seseorang di saat seperti ini bukan perkara besar.
    Apalagi Declan yang masih terus peduli dan perhatian terhadap Cee, hal ini membuktikan bahwa hanya Cee seorang yang ada di mata Declan. Declan bisa saja melirik perempuan lain di tempat-tempat yang dia singgahi, tapi dia tidak melakukannya. Jika Declan saja mampu menjaga hatinya dari banyaknya perempuan yang dia temui, masa aku (Cee) tidak bisa menjaga hatiku sendiri dari satu orang yang bahkan kehadirannya masih baru dihidupku.
    Lagipula, kejutan-kejutan yang diberikan Declan adalah bukti bahwa aku (Cee) istimewa di matanya. XD

    Hoping for the best result ^^

  31. Nama : Ratih M
    Email : ratihmulyati02@gmail.com
    Twitter : @Jju_naa

    Aku pilih Declan sang Fotografer yang penuh kejutan^^
    Kenapa? ehm,karena disini aku memposisikan diri sebagai Cee, Perempuan dengan karakter bimbang, penakut, dan sangat introvert. Jelas sosok Declan lebih nyambung dengan aku, karena dia itu impuslif, berani ambil risiko, dan penuh kejutan (Cewek Introvert itu lebih nyaman sama cowok kaya gini, lebih menarik, dan menjadi tantangan tersendiri karena ikut mengimbangi keterbukaan si cowok, ya hidupnya lebih berwarnalah, penuh inovasi baru untuk kedepannya). Kerjaan kami juga lebih nyambung, jadi bisa saling memberi masukan, seandainya ngobrol lebih nyambung, bisa saling mengerti karena tau pekerjaan masing-masing itu kaya apa.

    Aku juga jauh lebih mengenal Declan begitupun sebaliknya, meskipun kejutan Declan tidak trsa spesial lagi, tapi sikapnya itulah yang membuktikan aku begitu berarti dan menjadi orang terdekat di hidupnya, karena sesibuk apapun dia selalu ingat sama aku (Aku juga gitu, tanpa sadar aku selalu menyebut nama orang yg dekat sama aku (bukan pacar ya -_- ) itu tanpa sadar di setiap hal. Ex: ada kegiatan apapun, tanpa sadar aku pasti bilang “Ini aku sama si B yah” “A sama si C jangan lupa loh” “Punya si D mana? sini, biar aku yg ngasiin sekalian” “Ini untuk si B”. Kesimpulannya, ‘Aku adalah orang yang sangat berarti/special di hati Declan’ buktinya dia juga mengajaknya untuk berkomitmen kan?
    Aku suka kejutan, dan hidup bersama Declan pasti membuat hidupku penuh warna dan rasa penasaran kejutan seperti apalagi yang akan dia berikan. Dan besar kemungkinan, kami akan traveling bersama.

    Bernard. terkadang menjalani kehidupan yang sudah di rencanakan dari awal itu menyebabkan kebosanan/kejenuhan. Terlalu stabil juga ga bagus dan ga menarik. Dia juga keliatan kaku. Aku takut Bernard ga bisa ngertiin pekerjaan aku nantinya. Aku juga takut, perasaan aku ke dia itu hanya sesaat karena jenuh dengan Declan.
    Maaf, Mas Bernard, aku takut hanya menyakiti hatimu nantinya 😥

    wkwkwkwk, ini curhat malah -__-

  32. Nama: Jun
    Surel: reatheryan [at] gmail [dot] com
    Twitter: @FJrean

    OOT sedikit sebelum menjawab: Declan ini namanya keren sekali ya. Kalau punya anak jadi pengen namain dengan nama ini x))

    Oke, meski saya suka dengan nama Declan, bila saya Cee, saya akan memilih … Bernard. Pertimbangan karena Declan suka bepergian. Memang, ada kemungkinan dia mengajak serta pasangannya ketika mendapat pekerjaan di suatu tempat, tapi apakah pasangannya mau diajak? Bagaimana bila pasangannya adalah seseorang yang, misalnya saja, tidak bisa hidup tanpa teknologi sementara Declan harus masuk ke hutan rimba demi mendapatkan objek yang mesti diabadikannya?

    Dan masih soal bepergian. Bila saya Cee, saya pasti selalu cemas setiap saat. Dan perasaan itu, sama seperti rindu, yang SANGAT menyiksa. Bagaimana bila Declan kenapa-kenapa? Bagaimana bila tiba-tiba saja Cee mendapat kabar kalau Declan telah … menemui Sang Pemilik Kehidupan? Saya rasa saya tidak akan tahan dengan hal itu.

    Ini pilih Bernard tapi kok ya yang disebut banyak-banyak si Declan? x)))))))))

    Mengenai milih Bernard sih sederhana saja, karena saya tampaknya OCD, jadi ya pilih dia *alasan matjam apa itu xD* Oke, oke, serius. Saya pilih Bernard karena ada kemungkinan kami (maksudnya saya sebagai Cee, pakai dijelaskan segala xD ), akan lebih sering menghabiskan waktu bersama. Hal ini, tentu saja, akan menimbulkan kejenuhan. Tapi saya lebih memilih pasangan saya berada dalam jangkauan saya, sebab seandainya dunia berubah menyerangnya dan menjadi kejam, saya bisa berada di sampingnya, ada untuknya :’)

  33. Nama: Dian Maharani
    Email: dianmaharani833@yahoo.com
    Akun Twitter: @realdianmrani93

    Kalau aku adalah Cee, aku akan memilih Declan sang Fotografer. Alasannya sederhana, karena aku suka difoto dan mengambil foto walaupun aku tak bisa bergaya seperti model profesional dan menghasilkan gambar yang baik. Memang hidup dan kehidupan pernikahan tidak semudah menekan shutter pada kamera, tapi melalui potongan foto yang telah diambil, aku dan dia bisa belajar atas semua yang telah kami lalui. Foto dengan angle baik bisa dianggap sebagai fase tertinggi dalam kehidupan kami, dan foto yang blur bisa bisa dianggap sebagai fase terrendah dalam kehidupan kami. Baik maupun buruknya kehidupan akan terekam dan tergambar jelas pada foto-foto yang telah kami abadikan bersama. Juga, foto-foto itu akan menjadi puzzle kenangan yang akan terus menghiasi rumah kami nantinya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s